Fashion Inspiration

Tips Merawat Jam Otomatis

26/22018

 

Jam tangan otomatis memiliki nilai tersendiri karena selalu ada koneksi dengan pemakainya. Banyak orang menyenangi jam otomatis karena dianggap memiliki nilai seni dan craftmanship lebih. Jam tangan otomatis biasanya memiliki rotor yang berputar dengan adanya energi kinetik dari tangan kita. Nah, supaya jam tangan otomatis anda lebih tahan lama, ada beberapa tips untuk merawat jam tangan otomatis tersebut.

 

1. Set up jam tangan otomatis anda
Ada beberapa langkah untuk men set up jam tangan otomatis, Pertama lepaskan jam tangan dari pergelangan anda, hal ini dilakukan suoaya anda tidak memberikan tekanan terlalu kuat saat memutar crown. Selanjutnya, putar crown searah jarum jam sebanyak kurang lebih 20-30 kali sampai jarum panjang bergerak. Setelah itu anda dapat menyesuaikan jam dan tanggal. Tekan kembali crown ke dalam untuk menyelesaikan. Jam tangan otomatis biasanya dapat menyimpan energi selama kurang lebih 36 jam. Pemakaian teratur membuat mekanisme berjalan seharusnya dan tidak perlu set up berulang kali.

 

2. Hal yang perlu dihindari
Saat men set up jam tangan otmoatis, jangan menyesuikan penanggalan di antara jam 9 malam samapai jam 2 pagi di jam yang ditunjukkan oleh jam tangan tersebut. Hal ini dapat membuat mekanisme roda gigi lebih cepat rusak. Yang kedua, jangan memutar crown terlalu banyak atau overwind it. Cukup berhenti saat jarum panjang menit sudah bergerak sesuai langkah di atas. Jam tangan otomatis, agak rentan terhadap gerakan yang terlalu kencang. Hindari pemakaian jam tangan otomatis saat sedang bermain golf atau tenis. Hindari juga jam tangan anda dari pengaruh magnet yang besar karena dapat mengacaukan sistem mekanisme apabila dibiarkan dalam jangka panjang. Magnet yang terdapat di rumah juga termasuk dekat dengan ipad, komputer, tv, speaker, dan alat elektronik lainnya.



3. Perawatan selanjutnya
Jam tangan otomatis yang jarang dipakai sebaiknya diletakkan di dalam watch winder. Alat ini akan membantu mekanisme jam tangan otomatis anda untuk dapat bergerak seakan dipakai. Rawat juga strap dan case dengan membersihkan jam tangan secara gentle dengan lap khusus untuk menghindari kotoran dan debu yang menempel. Ada baiknya juga membawa jam tangan otomatis anda ke tempat servis setiap kurang lebih 4 tahun sekali. Anda sudah menginvestasikan banyak untuk jam tangan, ada baiknya juga menjaganya dengan baik daripada menunggu sampai rusak.

 

Nah, berikut ini adalah pilihan jam tangan otomatis yang dapat anda coba.

  

Grant Automatic Black
Fossil

Grant Automatic Black

Rp 4.455.000
Recon Auto Black Stainless Steel
Rip Curl

Recon Auto Black Stainless Steel

Rp 5.499.000
Recon XL Automatic Midnight Stainless Steel
Rip Curl

Recon XL Automatic Midnight Stainless Steel

Rp 5.999.000
Hagen Automatic Grey Dial
Skagen

Hagen Automatic Grey Dial

Rp 5.150.000
Mick Fanning Agent Automatic
Rip Curl

Mick Fanning Agent Automatic

Rp 7.999.000