Now Reading
4 Menu Buka Puasa Kaya Vitamin Agar Tetap Sehat Selama Pandemi

4 Menu Buka Puasa Kaya Vitamin Agar Tetap Sehat Selama Pandemi

4 Menu Buka Puasa Kaya Vitamin Agar Tetap Sehat Selama Pandemi

Selama pandemi COVID-19, memang harus lebih bijaksana mengonsumsi makanan. Apalagi selama puasa Ramadhan. Supaya tubuh tetap sehat dan fit, lebih baik memperbanyak makan makanan sehat penuh vitamin dan nutrisi saat sahur dan buka puasa. Pilihan menu sahur sehat yang simple bisa kamu lihat di sini. Nah, untuk menu buka puasa sehat, ini beberapa makanan yang sebaiknya kamu konsumsi. Selain buat tubuh sehat dan terhindar penyakit, kamu juga bisa sekaligus menjaga berat badan yang biasanya membengkak selama bulan puasa (ditambah karantina di rumah saja).

Tetap sehat selama pandemi dengan Buah-buahan Kaya Potassium

Image source: Tokopedia

Buah utama yang paling dianjurkan untuk makanan buka puasa adalah kurma, as you’ve already known. Ini karena kurma merupakan sumber potassium dan kaya akan gula alami yang langsung memberi tenaga setelah seharian berpuasa. Selain kurma, kamu juga bisa makan alpukat dan pisang yang tinggi potassium. Fungsi potassium adalah menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit dalam tubuh. Jangan lupa makan buah saat buka puasa, ya.

Tetap sehat selama pandemi dengan Sayuran

Image source: Orami

Buah memang selalu bergandengan dengan sayur. Ya, bersama buah, kamu pun perlu banyak makan sayur. Sayuran kaya akan vitamin, mineral, dan serat. Banyak pilihan menu buka puasa dengan bahan utama sayur, seperti salad atau sup sayur. Tinggal bagaimana kamu mengolahnya dengan kreatif. Sayur seperti timun dan sawi mengandung banyak serat dan air yang membantu kamu terhindar dari sembelit selama Ramadhan. Pastikan sayur-sayuran selalu ada pada menu buka puasamu.

Karbohidrat Baik

Bagaimanapun, tubuh memerlukan suntikan energi setelah seharian berpuasa. Jangan lewatkan karbohidrat pada makanan buka puasa, bahkan meski kamu tengah diet dan program menurunkan berat badan. Tapi pilih jenis karbohidrat kompleks ya, seperti nasi merah, roti gandum, dan whole grain pasta. Karbohidrat kompleks akan memberikan sumber energi yang stabil pada tubuh. Jadi, kamu tidak akan merasa lemas.

See Also

Tetap sehat selama pandemi dengan Daging dan Kacang-kacangan Kaya Protein

Protein tidak boleh tertinggal pada menu buka puasa – harus ada. Makanan kaya protein dan amino acid yang perlu kamu konsumsi, antara lain daging sapi, ikan, daging ayam, telur, keju, susu, dan yogurt. Sementara kalau kamu vegetarian, kamu bisa ganti dengan protein nabati yang bersumber dari kacang dan buncis.

Nah, itulah jenis makanan sehat bernutrisi yang harus ada pada menu buka puasa. Yang juga tidak kalah penting, pastikan selalu jaga tubuh terhidrasi dengan memperbanyak minum air putih, kamu juga bisa menggunakan smartwatch mu sebagai pengingat untuk menja kesehatan. Cek disini untuk lihat smartwatch pilihanmu.

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Copyright © 2020 Urban Icon. All Rights reserved. | Sitemap

Scroll To Top
Close

MAU DAPET ADDITIONAL

DISKON 10% ALL ITEM? 

BURUAN SIGN UP SEKARANG BUAT DAPETIN DISKONNYA DAN INFO TERBARU DARI URBAN ICON

Close

DAPATKAN KODE VOUCHERNYA