Now Reading
6 Cara Merawat Jam Tangan Stainless Steel Agar Awet

6 Cara Merawat Jam Tangan Stainless Steel Agar Awet

Sudah Tahu Cara Merawat Jam Tangan Stainless Steel?

Jam tangan bukanlah sebuah aksesoris yang murah untuk dibeli, apalagi dikoleksi. Jika kamu memutuskan untuk membeli jam tangan dengan material mayoritas berbahan stainless steel, kamu perlu memerhatikan cara merawat jam tangan yang tepat agar jam tangan kamu tetap terlihat mengilap dan terbebas dari bercak-bercak noda. Selain itu, membersihkan jam tangan secara rutin juga bisa memperpanjang usianya. Berikut cara merawat jam tangan stainless steel kesayangan agar selalu terlihat seperti jam tangan baru.

cara merawat jam tangan stainless steel

1. Lap dengan kain lembut setiap kali hendak disimpan

Cara merawat jam tangan paling mudah diingat adalah jangan pernah membiarkan jam tangan stainless steel disimpan dalam keadaan kotor. Bercak noda dan kotoran yang melekat di permukaan stainless steel bisa membuat material jam tangan menjadi rusak. Gunakan kain lap lembut dari bahan microfiber, karena kain lap ini punya daya serap yang tinggi dan mampu membersihkan kotoran dari minyak yang melekat di permukaan jam tangan. Usap seluruh permukaan dengan kain microfiber tersebut, hingga ke bagian belakang jam tangan.

Baca Juga: Cara Merawat Jam Tangan Smartwatch

2. Secara rutin, bersihkan jam tangan

Jika kamu mengenakan jam tangan stainless steel kesayanganmu tiap hari, lakukan pembersihan total sekali dalam sebulan. Isi baskom atau mangkuk bersih dengan air hangat lalu tuangkan setetes sabun cuci piring antibakteri. Gunakan sikat bersih untuk menyikat seluruh bagian jam tangan, hingga ke sela-sela rantai untuk menghilangkan bekas keringat, lotion, dan minyak yang melekat di permukaannya dan bagian-bagian tersembunyi. Seperti jam tangan Fossil Machine Three-Hand Date Smoke Stainless Steel dengan tampilan cool. Jam tangan ini punya strap stainless steel yang unik berwarna abu-abu, serasi dengan bezel jam tangan berukuran 42 mm ini. Jika jam tangan kamu tidak tahan air, berhati-hatilah dengan hanya mencelupkan bagian rantai jam tangan saja. Jaga bagian mesin jam tangan analog ini agar tetap berada di atas permukaan air.

Baca juga: Tips Merawat Jam Tangan Agar Awet dan Tahan Lama

3. Hindari terkena parfum, lotion atau sejenisnya

Kadang secara tidak sadar, kamu menggunakan parfum, lotion, dan cairan perawatan tubuh lainnya saat sedang mengenakan jam tangan. Padahal zat kimia pada parfum dan produk-produk perawatan tubuh dapat berisiko merusak jam tangan berbahan stainless steel. Jika terpapar, jam tangan kamu bisa berubah warna menjadi kekuningan dan kusam karena bercak yang ditinggalkan oleh zat kimia tersebut pada permukaan stainless steel. Jadi, hindari menggunakan parfum pada pergelangan tangan yang memakai jam tangan, dan gunakan lotion atau produk perawatan kulit jauh sebelum kamu hendak memakai jam tangan.

4. Simpan di tempat yang kering

Meletakkan jam tangan di tempat yang lembab tak hanya bisa membuat bagian stainless steel menjadi kusam, namun juga dapat merusak mesin jam tangan. Jadi, simpanlah selalu jam tangan kamu di dalam boksnya, atau beli boks khusus untuk menyimpan jam tangan yang bagian dalamnya terbuat dari lapisan bahan beledu. Letakkan kantung kecil silica gel di dalamnya untuk menyerap kelembaban di sekitar boks agar tetap kering.

Baca juga: 4 Brand Jam Tangan Wanita Untuk Kerja

See Also
Rekomendasi Tas Sekolah Anak yang Unik

5. Cara Merawat Jam Tangan dengan Hindari alat elektronik saat penyimpanan

Perangkat elektronik seperti speaker, televisi, dan sebagainya, banyak mengandung medan magnet yang dapat memengaruhi ketepatan waktu dari jam tangan. Tak hanya itu, medan magnet juga dapat memengaruhi keawetan dari mesin jam tangan, apalagi jika jam tangan kamu memiliki Chronograph. Seperti jam tangan yang terinspirasi dari kesederhanaan dan berdesain vintage seperti jam tangan Fossil Grant Sport Chnronograph Silver Stainless Steel. Jam tangan berdiameter 44 mm ini dilengkapi dengan 3 penunjuk waktu tambahan yang digerakkan oleh movement chronograph. Angka romawi pada bagian dial bernuansa krem membuat tampilannya menjadi stylish. Nah cara merawat jam tangan stainless steel kamu agar tetap awet adalah dengan menjauhkan tempat penyimpanan jam tangan kamu dari perangkat elektronik atau medan magnet ya.

Baca Juga: Cara Memilih Jam Tangan Untuk Pria

6. Cara Merawat Jam Tangan dengan Poles Agar Tampak Mengilap

Seiring waktu, jam tangan dengan material stainless steel perlahan akan terlihat kusam dan tidak lagi tampak cerah mengilap. Untuk itu, kamu perlu mengembalikan kilau jam tangan kamu dengan menggunakan cairan pembersih khusus stainless steel. Jika tidak punya, cukup semprotkan pembersih kaca pada kain lembut, lalu usapkan pada seluruh permukaan jam tangan, mulai dari casing jam tangan, bagian belakang, hingga rantai jam tangan untuk membuatnya berkilau lagi. Untuk menjangkau sela-sela rantai, gunakan sikat lembut yang dibasahkan dengan pembersih kaca, lalu sikat bagian yang tersembunyi. Jangan lupa usap hingga kering. Jam tangan kamu akan kembali mengilap seperti jam tangan Emporio Armani Gianni T-Bar Silver Pave ini. Tak hanya strap-nya yang berwarna silver stainless steel yang memberikan kilap, namun juga pave kristal pada dialnya yang tampak indah bersinar. Jam tangan Emporio Armani wanita ini cocok dipakai di malam hari. Dengan silver stainless dan pave kristal pada dial ia merupakan timeless timepiece yang akan menghiasi pergelangan tangan kamu.

Cara merawat jam tangan stainless steel di atas, dijamin akan membuat jam tangan kesayangan kamu dapat tetap awet, tahan lama, dan tetap tampak seperti baru setiap saat.

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Copyright © 2020 Urban Icon. All Rights reserved. | Sitemap

Scroll To Top

MAU DAPET ADDITIONAL

DISKON 10% ALL ITEM? 

BURUAN SIGN UP SEKARANG BUAT DAPETIN DISKONNYA DAN INFO TERBARU DARI URBAN ICON

Close

DAPATKAN KODE VOUCHERNYA