Now Reading
Cara Konsisten Olahraga untuk Turunkan Berat Badan

Cara Konsisten Olahraga untuk Turunkan Berat Badan

Cara Konsisten Olahraga untuk Turunkan Berat Badan

Sudah berbulan-bulan di rumah saja karena pandemi COVID-19, ayo tunjuk tangan yang berat badannya naik drastis? Keinginan menurunkan berat badan pasti jadi semakin besar. Selain diet, lakukan cara memulai olahraga rutin. Yuk, giatkan dan konsisten rutinitas olahraga. Kalau masih ragu olahraga di gym atau tempat umum karena khawatir terpapar virus corona, kamu bisa kok daftar kelas online yang ditawarkan tempat fitness eksklusif. Beberapa cara konsisten olahraga untuk turunkan berat bada dan tubuh sehat dan olahraga di rumah dengan panduan coach atau trainer profesional. Well, tanpa kelas online juga tidak masalah karena kamu bisa lakukan workout sederhana di rumah (dengan panduan yang mudah kamu dapatkan di YouTube).

Tapi apalah arti olahraga dan workout kalau ternyata hasilnya tidak maksimal. Jangan sampai keringatmu sia-sia. Tujuan harus tercapai: sehat, tubuh bugar, dan berat badan ideal. Tapi kamu juga harus tetap memperhatikan kondisi badan. Jangan hanya terdorong ingin turun berat badan, kamu jadi olahraga berlebihan.

Supaya olahraga rutin kamu di rumah memberikan hasil lebih maksimal, ikuti panduan berikut, ya!

Cara konsisten olahraga untuk turunkan berat badan : Porsi Tepat Olahraga

Don’t exercise too much! Menurut sebuah studi, orang yang olahraga 60 menit sehari justru berat badannya turun sedikit dibanding mereka yang olahraga 30 menit sehari. Lebih baik olahraga sesuai porsi yang tepat. Berapa lama? Bisa dihitung dengan rumus: 220 – umur = 100 persen kemampuan maksimal saat olahraga, seperti yang dilansir dari Detik Health. Contoh, umur kamu 20 tahun. Maka porsi maksimal olahraga adalah: 220 – 20 (tahun) = 200 denyut nadi/menit.

Ini artinya, saat kamu olahraga coba deh berhenti sebentar untuk menghitung denyut nadi per menit. Caranya dengan menghitung denyut nadi selama 15 detik lalu kalikan (x) 4. Setelah itu hasilnya dibandingkan dengan angka porsi maksimal denyut nadi. Jika sudah tahu denyut nadi latihan, kamu perlu tahu berapa porsi terbaik olahraga. Porsi olahraga untuk meningkatkan status kesehatan adalah 60-85 persen dari denyut nadi maksimal (DNM). Hitungannya: 60% x (220 – umur) = batas minimal denyut nadi saat olahraga; dan 85% x (220 – umur) = batas maksimal olahraga untuk kesehatan.

Mengetahui hitungan ini sebelum dan saat olahraga terbilang penting, lho. Sehingga kamu tahu olahraga tidak dilakukan terlalu ringan (< 60 persen) karena kalau terlalu ringan maka pengaruhnya kecil bagi tubuh. Sebaliknya, jika terlalu berat (> 85 persen), akan rentan terjadi cedera dan trauma untuk olahraga lagi. Jangan lupa hitung porsi olahraga terbaikmu saat olahraga nanti, ya!

Pakai Sepatu Olahraga

Kebanyakan olahraga melibatkan tekanan pada bagian bawah tubuh alias bagian kaki, sebut saja lari, tennis, basket, dan aerobik. Nah, supaya tujuan olahraga tercapai, kamu perlu menjaga bagian kaki dengan memakai sepatu olahraga yang tepat. Sepatu olahraga yang bagus adalah tidak terlalu menekan ibu jari karena kekecilan, juga tidak kebesaran. Kamu pun perlu bantalan pada bagian tumit dan kaki depan agar gerakan olahraga terasa nyaman. Ingat, pakai sepatu olahraga yang bagus dapat menyelamatkan kamu dari artritis, patah tulang, dan kerusakan ligamen. Meski hanya workout di rumah, pastikan pakai sepatu olahraga.

Cara konsisten olahraga untuk turunkan berat badan : Lakukan Interval

Menurut ahli, high-intensity interval (olahraga yang dilakukan dalam waktu lebih panjang dan kemudian diselingi “istirahat” singkat dengan intensitas rendah) memberikan lebih banyak manfaat kardiovaskular dan penurunan lemak dibanding jenis latihan olahraga lain. Seperti yang diungkapkan pada sebuah studi, sebagai contoh, orang yang workout dengan interval 20 menit (meliputi gerakan push-up, burpe, squat, dan lunge) membakar rata-rata 15 kalori per menit – hampir dua kali lebih banyak dibanding lari.

Kamu bisa ikuti cara ini dengan menerapkan protokol: lakukan repetisi sebanyak mungkin selama 20 detik, istirahat 10 detik, dan ulangi hingga selama 4 menit. Istirahat 1 menit, lalu ulangi hingga hingga total 4 putaran. Cobalah.

See Also

Cara Konsisten Olahraga untuk Turunkan Berat Badan : Banyak Minum Air Putih

Banyak yang tidak sadar (termasuk kamu?) kalau kita berada dalam kondisi dehidrasi saat olahraga. Menurut ulasan dari Universitas North Carolina, orang yang olahraga di gym berkeringat 6 – 10 persen, sama saja kehilangan dua persen cairan tubuh, yang juga artinya membuat olahraga jadi semakin berat dimana kemampuan tubuh memperbaiki diri selepas olahraga jadi berkurang. Maka, sangat disarankan perbanyak minum, setidaknya ½ – 1 ons air per pon dari berat badan kamu. Beginilah seharusnya cara memulai olahraga rutin.

Pakai Smartwatch untuk Olahraga

Untuk memaksimalkan performance olahraga, pakai smartwatch sangat membantu, lho. Kalau kamu belum tahu, smartwatch memiliki fitur yang berhubungan dengan olahraga. Seperti Fossil Sport Smartwatch, ada heart-rate tracking yang secara otomatis bekerja dan mengukur detak jantung selama olahraga. Selain itu, jam ini juga punya activity tracker yang bisa mengukur jumlah langkah, jarak, dan kalori yang sudah kamu bakar dalam sehari, termasuk saat olahraga. Cara konsisten olahraga untuk turunkan berat badan ini didukung oleh fitur yang terhubung dengan Google Fit ini dapat juga terlihat di handphone. Selain itu ia juga memiliki custom goal tracking untuk memantau mana hal penting yang harus kamu lakukan (misalnya waktu minum air putih atau olahraga).

Fitur jadwal olahraga dan pelacakan kesehatan juga ditemukan pada smartwatch Samsung Galaxy Watch Active. Terdapat juga fitur pelacakan tekanan darah. Dengan aplikasi pendukung My BP Lab, kamu bisa langsung memantau tekanan darah dan melacak kesehatan fisik dengan lebih akurat setiap hari langsung dari pergelangan tangan. Fitur ini menjadikan Samsung Galaxy Watch Active lebih dari sekedar fitness tracker, tapi menjalankan peran sebagai instruktur gaya hidup sehat personal bagi penggunanya. Bagus sebagai cara memulai olahraga rutin.

Smartwatch untuk olahraga memiliki pilihan warna yang menarik, lho. Jadi, bukan hanya soal fungsi, tapi juga tampilannya memberi tampilan sporty chic. Pilih smartwatch olahraga favorit, dengan warna-warna kesukaanmu, di Urban Icon online dan offline store. Beli di Urban Icon, jam tangan dapat garansi resmi dan dijamin produk original. Klik untuk pilih smartwatch favoritmu!

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Copyright © 2020 Urban Icon. All Rights reserved. | Sitemap

Scroll To Top
Close

MAU DAPET ADDITIONAL

DISKON 10% ALL ITEM? 

BURUAN SIGN UP SEKARANG BUAT DAPETIN DISKONNYA DAN INFO TERBARU DARI URBAN ICON

Close

DAPATKAN KODE VOUCHERNYA