Now Reading
Cara Meditasi Untuk Pemula

Cara Meditasi Untuk Pemula

Cara Meditasi Untuk Pemula

Mau pikiran lebih rileks, bebas rasa cemas, dan meningkatkan kualitas tidur? Salah satu alternatif yang wajib kamu coba cara meditasi. Iya, benar sekali, meditasi memang punya segudang manfaat buat tubuh dan pikiran. Tak terlalu repot pula melakukannya.

Dari sudut pandang fisiologis, meditasi adalah treatment anti stres terbaik. Karena, saat merasa tertekan, denyut jantung dan tekanan darah kamu akan meningkat, pernapasan jadi cepat dan pendek. Kelenjar adrenalin pun akan memompa hormon-hormon stres.

Dr. Herbert Benson, seorang ahli jantung dari Universitas Harvard, Amerika Serikat, menjelaskan secara ilmiah manfaat bermeditasi yang telah dipraktikkan orang selama berabad-abad. Menurutnya, dengan rutin bermeditasi, maka organ-organ tubuh dan sel tubuh akan membaik dan bekerja lebih teratur. Fokus dan konsentrasi pun akan meningkat dan memori buruk yang ada di pikiran bisa terbuang.

7 Cara Meditasi Untuk Pemula

Tergoda mencoba demi hasil yang maksimal? Spesial buat kamu yang baru pertama mencoba meditasi, kami siapkan caranya.

1. Posisi duduk meditasi yang nyaman

Urusan kenyamanan jadi prioritas dalam meditasi. Itu sebabnya kamu wajib menemukan posisi terbaik. Kalau secara tradisional, meditasi dilakukan dengan duduk di alas duduk di tanah, dalam posisi bunga teratai atau setengah bunga teratai. Tapi sama sekali tidak dilarang memakai alas yang bikin kamu nyaman duduk. Bisa dicoba pakai yoga mat yang sedikit punya bantalan sehingga nyaman diduduki.

meditasi untuk pemula

2. Tempat meditasi yang tepat

Sebagai permulaan, usahakan mencari tempat yang bebas gangguan agar perhatian kamu tidak mudah teralihkan. Outdoor adalah alternatif yang baik, karena selain bebas gangguan internal (TV, suara dan aktivitas orang rumah), di luar ruang artinya kamu akan meditasi sambil menghirup udara yang lebih segar. Halaman rumah bisa dicoba sebagai permulaan, setelah itu coba sempatkan ke pantai atau hutan konservasi yang sekarang sudah banyak di kota-kota besar. Deburan ombak atau kicau burung pasti jadi alternatif musik alami yang menyenangkan buat bermeditasi.

Buat meditasi outdoor, pastinya kamu perlu tote bag oversize buat membawa aneka perlengkapan. Tapi kalau urusan model yang stylish, sih, wajib hukumnya. Buat pilihan, coba lirik tas wanita Fossil Rachel Tan, deh. Materialnya kulit dan dilengkapi ekstra kantong buat menyimpan aneka keperluan kamu.

3. Waktu meditasi yang singkat

Jangan pernah berpikir kalau kamu harus berdiam diri dalam jangka waktu yang lama. Karena masih di tahap awal, sebaiknya meditasi dalam waktu singkat saja, sekitar 2 sampai 5 menit. Yang penting ketika melakukannya kamu bebas gangguan pikiran dan fokus bermeditasi. Baru kemudian bertahap bisa kamu tingkatkan waktu sesuai target yang diinginkan.

Untuk pemula dianjurkan melakukan meditasi di pagi hari, karena pikiran belum disibukkan oleh berbagai kegiatan. Tapi waktu pagi bukan sebuah keharusan kok, malam menjelang tidur juga boleh.

Usahakan sebelum bermeditasi perut dalam keadaan yang biasa saja. Tidak terlalu lapar dan tidak terlalu kenyang. Boleh juga dilakukan satu jam setelah makan.

Aksesori kedua yang wajib hukumnya tentu jam tangan. Kamu wajib pilih yang multifungsi, seperti Apple Watch Series 4, yang bisa memutar lagu relaksasi, jadi timer untuk lamanya meditasi, sekaligus mengukur heart rate.

jam tangan smartwatch

4. Sikap tubuh saat meditasi

Meditasi sebenarnya bisa dilakukan dengan duduk, berdiri, berbaring, bahkan berjalan. Untuk pemula dianjurkan melakukan posisi duduk, karena pikiran belum terlatih. Dengan posisi duduk yang benar dan nyaman, maka kamu bisa mulai terbiasa untuk kemudian merasakan manfaatnya.

See Also

Posisi duduk juga yang paling mudah. Posisikan tumit kaki kiri di pangkal paha kaki kanan. Lalu tempatkan kaki kanan di depan kaki kiri lalu posisikan kedua telapak tangan di atas paha, dengan posisi telapak kanan di bawah telapak tangan kiri dan biarkan kedua ibu jari bersentuhan. Atau lakukan sebaliknya. Tergantung kenyamanan kamu.

Baca juga : 6 Ide Seru Agar Olahraga Makin Menyenangkan

Cara meditasi sebenarnya cukup sederhana. Saat bernapas, hirup via hidung, rasakan prosesnya lalu hitung satu, saat menghembuskan napas melalui hidung rasakan sensasinya lalu hitung dua. Begitu seterusnya. Setelah sepuluh kali, ulang dari awal lagi.

5. Pakaian yang nyaman untuk meditasi

Jangan biarkan apa pun mengalihkan pikiran kamu saat bermeditasi. Misalnya celana atau busana yang terlalu ketat yang bikin tidak nyaman. Pilihlah pakaian yang biasa Anda kenakan untuk berolahraga atau malah baju serba loose yang nyaman dipakainya.

6. Aksesori pelengkap untuk meditasi

Ingatlah, tujuan mulia meditasi adalah buat relaksasi, menenangkan pikiran. Jadi hindari aksesori yang malah merepotkan dan membatasi gerak. Dan ini berlaku tak hanya saat meditasi, tapi juga sejak dari persiapannya.

Selamat bermeditasi, semoga makin rileks dan jadi lebih fokus menjalankan aktivitas kamu selanjutnya.

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Copyright © 2020 Urban Icon. All Rights reserved. | Sitemap

Scroll To Top