Now Reading
Cara Membersihkan Jam Tangan Agar Terhindar dari Penyakit Virus Corona

Cara Membersihkan Jam Tangan Agar Terhindar dari Penyakit Virus Corona

cara membersihkan jam tangan dari Wabah virus corona

Jaga kesehatanmu, serta kebersihan barang-barang mu!

Wabah penyakit virus Corona atau COVID-19 di Indonesia sudah mengkhawatirkan. Harus berhati-hati agar kita tidak berpotensi tertular virus yang berasal dari Wuhan, Tiongkok tersebut. Apalagi virus ini merupakan penyebab penyakit saluran pernapasan. Penyebarannya bisa melalui kontak langsung dengan orang yang sudah terjangkit (bersentuhan atau jabat tangan) maupun menyentuh benda yang terkena cipratan air liur penderita. Upaya pencegahan terhadap virus Corona perlu dilakukan, di antaranya adalah sering cuci tangan dengan sabun dan air mengalir, memakai pembersih tangan yang mengandung alkohol, dan menjaga barang-barang yang kita gunakan tetap steril.

Jam tangan yang tidak pernah lepas dari pergelangan tangan mungkin sedikit terlupa kita perhatikan. Padahal, jam tangan kontak langsung dengan kulit (dimana kita pakai lotion, parfum, dan produk lainnya) dan bisa dibilang paling banyak dapat paparan lingkungan. Ketika berada di tempat umum, percikan ludah dari bersin dan batuk penderita penyakit virus corona (COVID-19) bisa saja menempel di badan kita, termasuk di bagian pergelangan tangan dimana jam tangan berada. Di saat itulah jam tangan bisa jadi media penularan yang tidak kita sadari.

Ketika kita menyentuh jam tangan (melihat jam, melepas, dan memakai), lalu tangan yang baru menyentuh jam tangan tersebut menyentuh wajah dan mata, maka di saat itulah kita bernpotensi terinfeksi. Untuk jaga-jaga dan sebagai bentuk pencegahan agar tak tertular, ada baiknya rutin membersihkan jam tangan dengan cairan anti-bakteri untuk membunuh virus tersebut. Langkah kecil dan terlihat sepele, memang. Tapi bukankah lebih baik mencegah daripada mengobati?

Membersihkan jam tangan tidak memerlukan proses dan waktu yang lama, kok. Bahkan, membersihkan jam tangan bisa kita lakukan di sela-sela jam makan siang atau waktu senggang. Punya jam tangan dengan material apa? Apapun bahan materialnya, mulai dari kulit hingga stainless steel, berikut panduan membersihkan jam tangan yang benar. Ingat, selalu jaga barang-barangmu tetap bersih dan higienis, ya!

Beberapa Jenis Tali Jam Tangan dan Cara Membersihkannya Berikut Ini:

Cara Membersihkan Jam Tangan Karet / Strap Rubber

Cara Membersihkan Jam Tangan Karet / Strap RubberImage source: @skagendenmark

  1. Lepas terlebih dahulu strap silikon dari watch face-nya.
  2. Jika kondisi strap kusam, namun tidak ada noda, cukup lap saja strap-nya dengan kain basah. Bisa juga bersihkan di bawah air mengalir.
  3. Jika ada noda di strap, rendam strap di dalam air hangat yang sudah dicampur sabun anti-bakteri (atau sabun apapun yang ringan) selama 15 menit. Setelah itu, lap bagian yang bernoda dengan spons. Lakukan secara berulang hingga nodanya hilang. Bilas hingga sabun hilang, lalu rendam lagi di dalam air dingin selama 15 menit.
  4. Keringkan strap dengan cara diangin-anginkan saja. Namun, jika tidak ada waktu, boleh dilap saja dengan kain kering.
  5. Jangan lupa pasang kembali strap bersama watch face-nya.

Jam Tangan Stainless Steel

Jam Tangan Stainless Steel

  1. Jika terdapat kotoran di sekat-sekat rantai strap, kamu perlu melepas dahulu bracelet-nya. Kecuali jika jam tangan kamu bersifat water-resistant, kamu tidak perlu melepas bracelet.
  2. Celupkan rantai stainless steel ke dalam larutan sabun anti-bakteri dengan air hangat.
  3. Sikat strap dengan sikat gigi bekas untuk mengangkat kotoran yang tersembunyi di sekat rantai, juga virus yang menempel.
  4. Bilas dengan air mengalir lalu keringkan dengan handuk lembut.

Cara Membersihkan Jam Tangan Strap Kulit

Cara Membersihkan Jam Tangan agar terhindar dari Wabah virus corona

  1. Siapkan kain jenis microfiber, lalu basahi hingga lembap dan tambahkan beberapa tetes sabun anti-bakteri.
  2. Gosok kedua sisi strap jam tangan dengan kain tadi secara perlahan agar tidak meninggalkan goresan.
  3. Yang perlu diingat, jangan sampai material kulit terkena air secara langsung untuk menjaga ketahanannya.
  4. Material kulit bersifat absorbent, pastikan lebih sering membersihkan strap-nya jika memakai jam tangan kulit hampir setiap hari.

 Jam Tangan Strap Nylon dan Denim

 Jam Tangan Strap Nylon dan Denim

See Also

  1. Rendam strap nylon ke dalam rendaman air hangat yang sudah dicampur sabun anti-bakteri.
  2. Diamkan selama 15-20 menit, sikat dengan sikat lembut jika terdapat noda.
  3. Bilas dengan air bersih.
  4. Keringkan dengan cara diangin-anginkan, atau jika ingin lebih cepat gunakan hair dryer dengan setting low untuk mengeringkan bagian sekatnya.

Cara Membersihkan Jam Tangan Tipe Smartwatch

Cara Membersihkan Jam Tangan Tipe Smartwatch

  1. Gunakan lap yang sudah dibasahi isopropyl alcohol 70 persen atau Clorox Disinfecting Wipes untuk menggosok seluruh permukaan jam tangan pintar, kecuali pada strap dengan material kain dan kulit.
  2. Alternatif lain, bersihkan smartwatch dengan air hangat mengalir selama 10 – 15 detik.
  3. Jauhkan dari penggunaan sabun atau produk pembersih karena dapat merusak material jam tangan.

Jam tangan bersih dan higienis, tampil stylish pun jadi semakin harmonis dengan kesehatan fisik. Selain rutin membersihkan jam tangan, kita juga perlu rajin olahraga agar tetap sehat dan bugar. Jangan lupa berdoa untuk kesehatan dan keselamatan kita supaya penyakit virus corona (COVID-19) segan menghampiri kita. Stay safe and healthy!

 

 

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Copyright © 2020 Urban Icon. All Rights reserved. | Sitemap

Scroll To Top

MAU DAPET ADDITIONAL

DISKON 10% ALL ITEM? 

BURUAN SIGN UP SEKARANG BUAT DAPETIN DISKONNYA DAN INFO TERBARU DARI URBAN ICON

Close

DAPATKAN KODE VOUCHERNYA