Home » 6 Cara Merawat Tas Kulit Agar Awet dan Selalu Terlihat Baru

6 Cara Merawat Tas Kulit Agar Awet dan Selalu Terlihat Baru

Pastinya ingin memiliki tas kulit yang awet dan terlihat baru. Ketahanan sebuah tas memang sangat tergantung pada jenis material yang digunakan. Namun, bagaimana cara kamu memperlakukan dan merawat tas tersebut, juga dapat memengaruhi usia tas tersebut.

Cara Merawat dan Membersihkan Tas Kulit

Terutama tas kulit yang rentan rusak dan berubah warna. Jangan khawatir, jika kamu merawatnya dengan benar, tas kulit kamu bisa awet dan akan selalu terlihat seperti baru. Ikuti cara merawat tas kulit berikut agar awet dan tahan lama.

1. Selalu simpan tas di dalam dust bag

Ketika kamu membeli tas baru, biasanya kamu akan mendapatkan dust bag, yaitu sebuah kantong pembungkus tas yang berfungsi untuk melindungi tas dari debu dan kotoran lain saat disimpan. Biasanya dust bag disertakan pada tas yang terbuat dari bahan kulit. Jadi, jangan buang dust bag ini, karena kamu memerlukannya untuk membungkus tas kulit kesayanganmu.

Tapi ingat, jangan terlalu lama menyimpan tas di dalam dust bag. Kamu tetap perlu mengeluarkan tas kamu untuk mendapatkan udara agar tidak terlalu lembap sehingga berjamur. Paling tidak dua minggu sekali kamu perlu mengeluarkan tas kamu dari dust bag.

2. Isi tas dengan bubble wrap untuk menjaga bentuknya

Tas kulit yang jarang dipakai,mudah berubah bentuknya, apalagi tas kulit yang berukuran besar. Jika kamu meletakkannya di lemari dan tertindih oleh tas atau barang lain, maka bisa timbul lipatan atau bentuknya sudah tidak lagi seperti ketika kamu pertama membelinya. Karena itu, kamu perlu mengisi tas dengan bubble wrap atau bisa dengan kain bekas, kertas, plastik, dan sebagainya, untuk menjaga agar bentuk tas kamu tetap terjaga dengan baik. Apalagi bila tas kamu berbentuk konstruktif, seperti tas LIEBESKIND Berlin Stud Love Bowling Bag.

cara membersihkan tas kulit liebeskind

3. Bersihkan noda saat itu juga ketika kamu menyadari

Jangan menunda untuk membersihkan tas kamu saat terkena noda. Membiarkan sesaat akan membuat noda menjadi makin sulit dibersihkan. Pastikan kamu mengetahui jenis noda yang menempel pada permukaan kulit karena penanganannya akan berbeda-beda. Noda yang paling sering menempel pada tas adalah noda minyak.

Jangan gunakan air untuk membersihkan noda minyak, karena air akan merusak serat kulit saat minyak menempel. Gunakan bedak talk dan kain lembut untuk membersihkannya. Untuk noda tinta, kamu bisa memakai produk khusus penghilang noda pada permukaan kulit. Jika tas kamu tidak seluruhnya terbuat dari kulit, kamu perlu lebih dari satu produk untuk menghilangkan noda tersebut karena penanganannya akan berbeda, seperti tas Haskell messenger Two Tone dari Fossil.

cara membersihkan tas kulit dengan lap

4. Gunakan material khusus seperti micro fiber atau kapas untuk membersihkan tas

Jangan sembarangan menggunakan bahan kain untuk membersihkan tas. Apalagi memakai tisu basah untuk menyeka debu pada tas kulit kamu. Pakailah kapas untuk menjaga agar tekstur permukaan kulit tidak rusak atau tergores. Selain kapas, kamu juga bisa menggunakan micro fiber yang memiliki tekstur sangat lembut dan dapat menyerap kotoran dengan baik. Hindari pula membersihkan tas kulit kamu dengan menggunakan spons.

5. Lembapkan tas kulit dengan kondisioner kulit

Baik tas kulit asli maupun imitasi perlu diberi kondisioner untuk menjaga kelembabannya. Tas dari bahan kulit yang kehilangan kelembapan akan membuatnya jadi berkerut, kaku, hingga mengelupas. Karena itulah perlu kamu poles dengan kondisioner khusus untuk merawat tas kulit.

Kondisioner ini bisa kamu dapatkan di toko-toko yang menjual leather goods, bentuknya krim dan terdapat cara menggunakannya. Kondisioner ini dapat menjaga tas kulit kamu tetap lembut dan lentur seperti baru.

6. Jauhkan dari paparan sinar matahari

Pastinya kamu tidak bisa menghindari sinar matahari saat bepergian mengenakan tas kulit. Hanya saja kamu perlu memastikan agar permukaan tas kulit kamu tidak terpapar terlalu lama dengan sinar matahari alias menjemurnya hingga membuatnya panas. Jika ini terjadi, maka tas kulit kamu bisa berubah warna dan menjadi kusam.

Sayang sekali jika tas kulit kesayangan kamu yang punya warna unik jika harus berubah warna, seperti tas Haskell Single Zip Briefcase warna Cognac dari Fossil. Tak hanya itu, tekstur kulit juga akan menjadi kering, retak, hingga terkelupas permukaannya. Kalau ternyata tas kamu basah atau terkena cipratan air, jangan menjemurnya. Lap dengan menepuk-nepuk bagian yang basah, lalu diangin-anginkan.

cara membersihkan tas kulit

Dengan mengikuti enam langkah mudah di atas, tas kesayangan kamu bakal terlihat seperti baru setiap kali kamu pakai. Selain merawat tas, kamu juga wajib merawat jam tangan kamu agar lebih awet. Kamu bisa membaca tips merawat jam tangan lebih lengkap di blog Urban Icon.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *