Now Reading
Cara Pilih Ukuran Jam Tangan yang Pas dengan Pergelangan Tangan

Cara Pilih Ukuran Jam Tangan yang Pas dengan Pergelangan Tangan

Apa sih yang kamu pertimbangkan sebelum beli jam tangan? Desain, material, diameter jam tangan, dan ukuran strap sudah pasti masuk daftar. Tapi ternyata daftarmu tidak cukup sampai di situ saja. Soal memilih jam tangan yang tepat, penting untuk dicatat bahwa satu ukuran jam tangan bukan berarti pas untuk semua pergelangan tangan. Inilah mengapa kamu juga perlu mempertimbangkan jam tangan yang sesuai dengan ukuran pergelangan tanganmu. Tentu saja, supaya tidak kelonggaran atau kesempitan, sehingga nyaman dipakai. Meski tidak ada hitungan dan aturan pasti, ada beberapa tips yang bisa kamu ikuti untuk memilih jam tangan yang pas dengan ukuran pergelangan tanganmu.

Ukur Dulu Pergelangan Tangan Sebelum Memilih Ukuran Jam Tangan

Sebelum menentukan jam tangan yang pas, ketahui dulu ukuran pergelangan tanganmu, apakah kurus, ramping, medium, atau besar. Ini akan sangat membantu lho ketika kamu beli jam tangan online dimana kamu tidak bisa mencoba langsung. Mengetahui ukuran pergelangan tangan juga membantu kamu menemukan desain dan gaya jam tangan yang cocok. Misalnya, pergelangan tangan yang cukup kecil akan terlihat lebih sophisticated pakai jenis dress watch atau cocktail watch. Sementara untuk pergelangan tangan besar, jenis sport watch adalah yang terbaik.

Cara Mengukur Pergelangan Tangan

  • Ambil meteran baju atau meteran apapun yang fleksibel (kalau tidak ada, kamu bisa ganti pakai secarik tipis kertas).
  • Lingkarkan meteran tersebut di pergelangan tangan, tepat dimana biasanya kamu pakai jam tangan.
  • Kalau pakai kertas, lingkarkan di pergelangan tangan dan cukup tandai ukuran pergelangan tangan dengan pulpen. Lepas, lalu ukur panjangnya dengan penggaris.

Nah, inilah hasil pengukurannya. Mana ukuran pergelangan tanganmu?

  • 14-16 cm = sangat kecil
  • 16-17 cm = ramping
  • 17-18 cm = medium
  • Di atas 18 cm = besar

Tentukan Diameter Case

Setelah tahu ukuran pergelangan tangan, sekarang saatnya kamu pilih jam tangan dengan cara mengukur diameter jam tangan. Di sinilah fungsi ukuran pergelangan tanganmu, untuk menyesuaikan diameter jam tangan. Untuk ukuran pergelangan tangan 14-18 cm, kamu bisa pakai diameter 38 mm, 40 mm, atau 42 mm. Sementara 18 cm ke atas, pakailah ukuran 44-46 mm. Pastikan kamu melihat informasi diameter jam tangan saat beli online, ya!

Pilih Ketebalan Jam Tangan

Ada alasan kenapa kamu harus memperhatikan ketebalan jam tangan. Karena ketebalan adalah faktor utama jam tangan bisa pas dengan pergelangan tangan kamu. Dive watch dan dress watch dengan ukuran diameter yang sama (misal, 40 mm) terasa sangat berbeda dilihat dari ketebalannya. Mempertimbangkan ketebalan jam tangan sama saja dengan mempertimbangkan dengan bagaimana kamu memakainya. Kalau kamu mau pakai di dalam lengan baju, maka sebaiknya pilih jam tangan yang agak tipis.

Lebar Strap dan Jenis Material

Dua elemen ini juga bisa kamu pertimbangkan saat memilih jam tangan yang pas dengan pergelangan tangan. Namun, ini bukanlah cara yang utama diikuti karena soal strap jam tangan dan material bisa disesuaikan dengan selera. Mau strap tipis atau lebar, material logam atau kulit, tidak masalah, cukup pilih sesuai preferensi kamu pribadi saja.

See Also

Cara Pilih Jam Tangan yang Pas dengan Pergelangan Tangan

  • Kalau pergelangan tanganmu kurus atau ramping, pilihlah jam tangan dengan case kecil dan strap ramping.
  • Pergelangan tangan besar akan lebih baik memilih jam tangan case besar dan strap lebar.
  • Tali jam tangan tipis atau jenis bracelet cocok untuk pergelangan tangan ramping.
  • Pilihlah jam tangan dengan desain minimalis kalau kamu punya pergelangan tangan kecil. Kebalikannya, jam tangan dengan tampilan ramai cocok untuk pergelangan tangan besar.
  • Untuk ketebalan case, 6-8 mm ideal untuk pergelangan tangan kurus, 8-12 mm untuk pergelangan medium, 14-18 mm untuk pergelangan besar.

ukuran jam tangan sesuai strap

Mudah-mudahan tips dan cara memilih jam tangan dengan ukuran pergelangan tangan ini membantu. Jadi, saat beli jam tangan online, termasuk di Urban Icon online store, kamu tidak salah pilih. Apalagi di Urban Icon ada keterangan deskripsi dan spesifikasi jam tangan, mulai dari ukuran strap, diameter case, hingga material. Merk-nya beragam, ada Fossil, Michael Kors, Kate Spade, Emporio Armani, Calvin Klein, Diesel, Skagen, Rip Curl, dan masih banyak yang lainnya. Jenis dan gaya jam tangan pun bervariasi. Ditambah lagi, jam tangan di Urban Icon jaminan produk original dengan garansi resmi. Beli jam tangan di Urban Icon online store pasti puas, deh. Yuk, beli!

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Copyright © 2020 Urban Icon. All Rights reserved. | Sitemap

Scroll To Top
Close