Now Reading
Cara Setting Jam Tangan Analog, Chronograph, dan Automatic

Cara Setting Jam Tangan Analog, Chronograph, dan Automatic

Seperti yang kamu tahu, ada banyak jenis jam tangan dengan berbagai model yang cukup masif ada di pasaran saat ini. Masing-masing jenis jam tangan, yaitu jam analog, chronograph, dan otomatis, sudah pasti menggunakan mesin penggerak yang berbeda. Dengan begitu, cara pengaturan waktu pada jam tangan tentunya juga berbeda. Meskipun terlihat sepele, namun dengan mengikuti cara setting jam tangan yang tepat, kamu sesungguhnya bisa menjaga keawetan jam tangan kesayanganmu. Nah, daripada kamu mencoba utak-atik sendiri, berikut adalah cara paling tepat untuk mengatur waktu yang tergantung pada jenis jam tangan.

Cara Setting Jam Tangan Sesuai Jenisnya

Cara setting jam tangan analog

Pada dasarnya, jam tangan analog adalah jam tangan yang menunjukkan waktu dengan menggunakan jarum detik, menit, dan jam. Ada banyak macam jam tangan analog, ada yang memiliki penunjuk waktu kedua, ada pula yang dilengkapi fitur kalender. Seperti jam tangan Calvin Klein Minimal Black Mesh yang tampak klasik untuk dipakai di berbagai kesempatan casual atau semi formal. Untuk mengatur waktu pada jam tangan analog, ikuti langkah dasar cara setting jam tangan analog berikut ini.

cara setting jam tangan analog

Pengaturan waktu:

1. Tarik tombol pemutar hingga penuh, dan putar untuk mengatur jam dan menit.

2. Ingat, setelah tombol ditarik, memutar tombol harus searah jarum jam agar mesin jam tangan awet dan tidak cepat rusak.

3. Setelah menyesuaikan jam dan menit, tekan kembali tombol ke posisi awal.

Pengaturan tanggal:

1. Tarik tombol pemutar setengah tarikan.

2. Putar tombol searah jarum jam untuk mengatur tanggal yang sesuai.

3. Tekan kembali tombol ke posisi awal.

BACA JUGA: Kamu Bisa Tahu Jam Tangan Fossil Asli atau Palsu dengan Cara Ini!

Cara pengaturan jam tangan chronograph

Kebanyakan orang saat ini lebih senang memilih jam tangan chronograph hanya karena desainnya saja. Sebenarnya jam tangan chronograph adalah sebuah jam tangan analog yang disematkan fungsi chronographChronograph sendiri berasal dari kata chrono yang artinya waktu, dan graph yang artinya alat pengukur. Jadi, jam tangan chronograph adalah jam tangan yang dilengkapi fitur pengukur waktu yang kita kenal sebagai stopwatch. Seperti jam tangan Fossil Garrett Chronograph Two-Tone Stainless Steel ini, yang tampak memadukan elegan dan sporty serta memberikan kemewahan pada desain jam tangan.

Pengaturan waktu dan tanggal:

Cara mengatur atau mencocokkan waktu pada jam tangan chronograph sama persis dengan cara mengatur waktu untuk jam tangan analog. Perlu diingat kembali, jangan lupa memutar tombol pengatur searah jarum jam agar mesin penggerak jam tangan tidak mudah rusak. Coba lihat cara setting jam tangan chronograpah di bawah ini.

1. Tarik tombol pemutar ke posisi tengah.

2. Putar tombol pemutar searah jarum jam hingga tanggal hari sebelumnya ditampilkan di jendela tanggal.

3. Tarik tombol pemutar ke posisi 3 (terujung).

4. Putar tombol pemutar searah jarum jam hingga ditampilkan tanggal yang tepat di jendela tanggal.

5. Terus putar tombol pemutar untuk mengatur waktu a.m./p.m yang tepat.

Tips: Jarum 24 jam bergerak bersama dengan jarum jam dan menit. Ketika mengatur waktu, pastikan bahwa jarum 24 jam telah diatur dengan tepat.

6. Kembalikan tombol pemutar ke posisi awal.

Sedikit tips saja:

  • Ketika tombol pemutar berada di posisi tengah, jangan menekan penekan. Menekan penekan akan menyebabkan jarum kronograf bergerak.
  • Hindari mengatur tanggal antara pukul 21:00 hingga 01:00 untuk memastikan keakuratan.

Pengaturan Waktu Split

1. Tekan Tombol paling bawah saat chronograph sedang berjalan.

2. Tekan Tombol paling bawah lagi untuk kembali ke chronograph.

3. Tekan Tombol paling atas untuk mengakhiri pengambilan waktu.

4. Tekan Tombol bawah untuk mengatur ulang.

Pengaturan Ulang Kronograf ke Nilai Nol

1. Jika tidak satu pun dari jarum-jarum kronograf tersebut berada di posisi nol (12:00), tarik tombol pemutar ke posisi 3 (terujung).

2. Tekan Tombol atas untuk menggerakkan jarum searah jarum jam; tekan Tombol bawah untuk menggerakkan jarum berlawanan arah jarum jam.

3. Kembalikan tombol pemutar ke posisi awal.

Penyesuaian Jarum Stopwatch

1. Tarik tombol pemutar ke posisi 3 (terujung)

2. Tekan Tombol atas untuk mengatur ulang jarum detik 1/10 stopwatch ke posisi “0”.

See Also

3. Tekan Tombol bawah untuk mengatur ulang jarum menit dan detik. Jarum-jarum tersebut hanya bergerak searah jarum jam.

4. Dengan tiap kali menekan Tombol atas atau Tombol bawah, jarum tersebut berpindah satu posisi. Jarum-jarum tersebut berpindah dengan cepat jika tombol terus ditekan.

CATATAN: Jika jarum stopwatch tidak berjalan dengan benar, tarik tombol pemutar serta tekan Tombol atas dan Tombol bawah secara bersamaan selama 2 detik lebih. Saat tombol dilepas, jarum detik dan jarum detik 1/10 stopwatch akan berputar kembali dan kembali ke “0”. Ini menunjukkan bahwa sirkuit internal telah diatur ulang.

BACA JUGA: Padu Padan Jam Tangan Pria untuk Pesta Sesuai Baju.

Cara setting jam tangan Automatic

cara setting jam tangan fossil automatic

Para pencinta jam tangan pasti akan memilih jam tangan mekanik sebagai koleksi mereka. Jam tangan ini menggunakan mesin penggerak yang menggunakan energi mekanik dan sumber energinya berasal dari pergerakan mekanik. Jam tangan mekanik ada yang manual winding dan ada yang otomatis winding. Bedanya, jika otomatis menggunakan putaran rotor untuk membuat per menjadi kencang, maka sumber energi manual winding didapat dari putaran crown atau tombol yang akan mengencangkan per. Contoh jam tangan otomatis seperti jam tangan Fossil Townsman Automatic Black Leather. Jam tangan berukuran 44mm ini memadukan warna selaras antara hitam dan rose gold, serta tampilan semi skeleton pada dial yang membuat kamu bisa melihat sebagian mekanik jam tangan. Nah, kalau kamu belum tahu bagaimana cara setting jam tangan automatic, baca step di bawah ini!

cara setting jam tangan automatic

Pengaturan waktu manual winding:

1. Untuk menjalankan jam tangan yang berhenti sama sekali, putar tombol pemutar searah jarum jam kurang lebih 20 kali (atau sampai kamu merasakan resistansi).

2. Setelah diputar penuh, jam akan punya cadangan daya sekitar 40 jam.

3. Tarik tombol pemutar hingga penuh, lalu atur jam dan menit dengan memutarnya searah jarum jam.

4. Tekan kembali tombol pemutar ke posisi awal.

Pengaturan waktu automatic winding:

1. Jika jam tangan berhenti sama sekali, untuk menjalankannya, putar tombol pemutar searah jarum jam kurang lebih 40 kali (atau sampai kamu merasakan resistansi).

2. Setelah diputar penuh, maka  jam tangan punya cadangan daya sekitar 40 jam.

3. Tarik tombol pemutar hingga penuh, lalu cocokkan jam dan menit dengan memutarnya searah jarum jam.

4. Tekan kembali tombol pemutar ke posisi awal.

Nah, sudah tidak kebingungan lagi bukan? Sekarang kamu pasti sudah paham cara setting jam tangan mu dengan jenis yang berbeda-beda! Jangan lupa share caranya ke teman-temanmu.Jika kamu membelinya di Urban Icon, maka para advisor di Urban Icon akan dengan senang hati menjelaskan cara setting jam tangan yang kamu beli di sini. Tak hanya itu, jam tangan yang kamu beli juga dilengkapi dengan instruksi manual dan kartu garansi untuk memberikan jaminan purna jual serta layanan maksimal bagi kamu yang berbelanja jam tangan di Urban Icon. Untuk service jam tangan yang lebih detail, kamu bisa cek Servis Jam Tangan di WatchCare Centre dijamin Asli!

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Copyright © 2020 Urban Icon. All Rights reserved. | Sitemap

Scroll To Top