Now Reading
Cara Mudah Lindungi Laut dari Sampah Plastik di Hari Laut Sedunia

Cara Mudah Lindungi Laut dari Sampah Plastik di Hari Laut Sedunia

World Ocean Day atau Hari Laut Sedunia diperingati setiap 8 Juni. Tema untuk World Ocean Day 2021 yang ditetapkan PBB adalah The Ocean: Life and Livelihoods yang difokuskan pada peran laut untuk berbagai komunitas dan ekosistem. Seperti yang kita tahu, laut merupakan kehidupan vital di bumi. Jadi, peran kita dalam menjaga kelestarian laut sangatlah dibutuhkan. Ada beberapa cara mudah berkontribusi pada konservasi laut yang bisa kamu coba di Hari Laut Sedunia.

Pembersihan Pantai dari Sampah Plastik

Source: unsplash.com

Kontribusi kecil tapi bermakna yang bisa kamu lakukan adalah membersihkan pantai dari sampah. Or even better, bergabung dengan komunitas beach cleanup. Sampah pantai yang biasanya berupa bahan plastik dapat merusak kehidupan di dalam laut, lho. Bahkan kerusakan ini tidak bisa diperbaiki.

Sampah plastik di pantai lambat laun akan terurai menjadi mikroplastik yang kemudian dimakan oleh ikan di laut. Ikan-ikan yang sudah tercemar sampah plastik ini lalu dikonsumsi oleh kita manusia. Alhasil, ikan yang kita makan memberi dampak buruk pada kesehatan kita. Itulah mengapa kita sangat perlu menjaga laut tetap bersih.

Saat liburan atau bermain ke pantai nanti, apalagi pantai yang merupakan destinasi wisata, ingatkan dirimu dan orang-orang sekitar untuk membuang sampah pada tempatnya. Juga luangkan waktumu untuk membuang sampah yang berserakan di bibir pantai. Aksi kecil memberi dampak nyata, lho.

Pakai Produk yang Mendukung Pelestarian Laut

World Ocean Day juga mengingatkan kita untuk selalu bijak memilih produk dengan merk yang mendukung pelestarian laut. Fjallraven, misalnya. Di 2021 ini, Fjallraven meluncurkan tas Kanken Art terbaru hasil kolaborasi dengan ilustrator dan animator Swedia Linn Fritz. Koleksi Kanken Art ini dilatarbelakangi oleh kecemasan sang seniman yang sadar betapa bahayanya sampah plastik di laut bagi kehidupan. Itulah mengapa ia ingin mengajak semua orang turut menjaga kelestarian laut melalui hasil karyanya pada motif tas Kanken Art 2021.

Nggak cuma soal motif yang menggambarkan kecintaan terhadap laut, tas Kanken Art juga dibuat dengan bahan ramah lingkungan. Material G-1000 HeavyDuty Eco yang digunakan Fjallraven terbuat dari polyester daur ulang dan katun organik. Koleksi ini juga merupakan kontribusi untuk Arctic Fox Initiative. Satu persen hasil penjualan dari setiap pembelian Kanken Art akan disumbangkan untuk organisasi yang berjuang menghilangkan sampah laut tersebut.

See Also

Nah, buat kamu yang pengen punya tas ransel ukuran besar yang bagus untuk traveling, kamu bisa pilih Kanken Classic Art 2021. Ada dua motif berbeda, Ocean Surface dan Ocean Deep. Keduanya punya palet warna biru yang mengingatkan kita untuk terus menjaga kelestarian laut. Mana yang jadi favoritmu, nih?

Kamu bisa dapatkan koleksi lengkap Kanken Art 2021 di Urban Icon online dan offline store. Setiap pembelian Kanken Art kamu akan dapat reusable mask Fjallraven (selama persediaan masih ada). Yuk, jadi yang pertama punya Kanken Art terbaru 2021. Kasih tahu juga teman-temanmu tentang Kanken Art supaya kesadaran akan pelestarian ekosistem laut tersebar luas. Selamat Hari Laut Sedunia!

Follow Instagram Urban Icon untuk dapatkan info menarik lainnya!

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Copyright © 2021 Urban Icon. All Rights reserved. | Sitemap

Scroll To Top

MAU DAPET ADDITIONAL

DISKON 10% ALL ITEM? 

BURUAN SIGN UP SEKARANG BUAT DAPETIN DISKONNYA DAN INFO TERBARU DARI URBAN ICON

Close

DAPATKAN KODE VOUCHERNYA