Home » Jenis Kulit Tas yang Perlu Kamu Ketahui

Jenis Kulit Tas yang Perlu Kamu Ketahui

jenis kulit tas

Sebelum kamu membeli tas kulit, kamu perlu mengenal lebih dulu beberapa jenis kulit tas yang biasa digunakan untuk membuat produk yang nggak bisa kamu tinggalkan setiap hari ini. Tergantung jenis kulit yang digunakan, keindahan desain dan kualitas dari sebuah tas pun bisa kamu ketahui. Tentunya juga dapat memengaruhi harga dari tas itu sendiri. Berikut ini adalah beberapa jenis kulit tas dan rekomendasi tas yang bisa kamu pilih untuk menyempurnakan gaya kamu.

Jenis Kulit Tas

Jenis Kulit Tas Suede

Ini adalah jenis kulit tas dengan permukaan yang halus, seperti kain beledu. Suede dapat dibuat dari kulit sapi, kambing, domba, dan rusa. Namun untuk membuat tas, umumnya suede dihasilkan dari kulit sapi. Untuk mendapatkan kulit yang halus ini, suede diambil dari bagian dalam lapisan kulit yang diproses hingga mendapatkan tingkat kelembutan tertentu. Karena berasal dari sepotong kulit tipis, suede biasanya diberi lapisan lagi pada bagian dalamnya untuk membuatnya tahan lama dan tentunya butuh ekstra perawatan agar tas suede yang kamu punya selalu awet. Namun hal ini sepadan dengan keindahan dan kelembutan dari tas suede ini.

Rekomendasi: Liebeskind Berlin Helmet Patent Crossbody Bag

Jenis Kulit Tas Suede

Jenis Kulit Tas Brush Off

Dari semua jenis dan proses pengolahan kulit, brush off adalah yang paling rumit. Tak heran jika harganya kadang cukup tinggi dibanding jenis kulit lainnya. Mulai dari penyamakan hingga pemberian minyak, lumayan memakan waktu yang cukup lama. Kulit brush off merupakan proses pengolahan kulit dengan dilapisi bahan protektif seperti acrylic. Hasilnya adalah sebuah kulit yang mengilap, berwarna terang, licin, namun sangat lentur. Permukaannya halus dan tidak terlihat tekstur dan serat-serat kulit. Walau jenis ini banyak digunakan untuk sepatu, namun banyak juga tas yang menggunakan jenis kulit ini.

Rekomendasi: Liebeskind Berlin Edge Bag Crossbody S Bourbon

Jenis Kulit Tas Brush Off

Jenis Kulit Tas Grain

Ini merupakan jenis kulit yang umum untuk digunakan sebagai produk-produk fashion seperti tas, jaket, sepatu, hingga dompet. Kulit jenis ini biasa diolah secara utuh tanpa ada modifikasi pada struktur kulit. Tekstur pada permukaan kulit masih jelas terlihat. Jenis grain memiliki tingkat ketahanan yang paling tinggi dibanding kulit lainnya, dan perawatannya lebih mudah ketimbang beberapa jenis kulit lainnya. Seiring berjalannya waktu, permukaan kulit ini biasanya jadi terbentuk dengan lebih baik dan menjadikan produk yang dibuat dari jenis kulit ini jadi semakin terlihat bagus, asal diiringi dengan perawatan yang benar.

Rekomendasi: Liebeskind Berlin Sailor Bag Crossbody M

Jenis Kulit Tas Grain

Jenis Kulit Tas Nubuck

Jika dilihat sekilas, kulit ini hampir mirip dengan suede. Namun sebenarnya terdapat banyak perbedaan dari mulai bagian kulit yang dipakai dan hasil akhirnya. Kulit Nubuck dibuat dari lapisan kulit bagian luar, yang melalui proses penyamakan kemudian diamplas dan disikat untuk menghasilkan serabut atau bulu-bulu halus pada permukaan kulit tersebut. Baru setelah itu diberi warna sesuai kebutuhan. Karena berasal dari lapisan kulit luar, maka kulit Nubuck lebih tebal ketimbang suede. Proses perawatannya pun lebih gampang dan tidak mudah merusak permukaan kulit.

Rekomendasi: Fossil Maya Small Crossbody Caribbean

Jenis Kulit Tas Nubuck

Jenis Kulit Tas Patch Leather

Pada dasarnya, patch leather merupakan gabungan potongan-potongan kulit dari berbagai jenis -bisa juga dari jenis yang sama- menjadi sebuah tas yang berdesain indah. Potongan-potongan kulit tersebut dibentuk sedemikian rupa hingga membentuk sebuah pola atau perpaduan warna. Kadang semua menggunakan kulit grain, kadang dipadukan dengan nubuck atau suede. Kamu perlu memerhatikan jenis-jeniss kulit yang digunakan untuk membuat tas ini, karena perawatannya butuh perhatian khusus dan disesuaikan dengan jenis kulit pada masing-masing potongan yang ada.

Rekomendasi: Fossil Campbell Crossbody Patchwork

Jenis Kulit Tas Patch Leather

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *