Now Reading
Fjallraven Luncurkan Kanken Art 2021 untuk Atasi Sampah Plastik di Laut

Fjallraven Luncurkan Kanken Art 2021 untuk Atasi Sampah Plastik di Laut

Did you know? Sekitar 71% permukaan bumi tertutup laut. Yang menjadikan laut sebagai penopang setiap kehidupan di bumi. Tapi sayangnya laut telah tercemar limbah dan sampah. Bahkan dikatakan pada 2050 akan lebih banyak plastik di laut daripada ikan. Mengerikan sekali! Nah, untuk meningkatkan kesadaran kita dalam upaya pelestarian laut, tahun ini Fjallraven meluncurkan Kanken Art 2021 dengan motif dan aksi untuk laut.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, Fjallraven menggandeng seniman di setiap peluncuran Kanken Art. Kali ini ilustrator dan animator Linn Fritz yang ditunjuk untuk menciptakan motif artistik pada koleksi Kanken Art 2021. Linn Fritz mempunyai misi yang sama dengan Fjallraven, yaitu ingin meningkatkan kesadaran akan bahaya sampah plastik dan kelestarian laut. Maka dari itu, ia menuangkan kreativiasnya ke dalam motif abstrak yang terinspirasi dari potongan-potongan plastik.

Tentang Ilustrator dan Animator Linn Fritz

Linn Fritz tumbuh besar di pedesaan bagian utara Swedia, dimana ia menghabiskan banyak waktunya berada di alam. Kegiatan outdoor jadi kesehariannya, seperti berenang, memancing, mendaki gunung, dan main ski. Menurutnya, berpadu dengan alam membuatnya rileks dan memberi inspirasi untuk karya-karyanya.

Source: Nylon.com.sg

Meski sekarang Linn tinggal di Inggris, kecintaannya terhadap alam tidak pernah sirna. Baginya, Inggris punya pemandangan alam yang sama bagusnya dengan Swedia. Walau tidak bisa menghabiskan waktu di tengah alam seperti yang ia inginkan, ini justru membuatnya semakin menghargai keindahan alam.

Di London, Linn bekerja sebagai digital artist independen untuk proyek dari berbagai klien komersil. Selain itu, ia adalah salah satu pendiri Panimation, yakni komunitas wanita, transgender, dan non-biner yang didorong kesetaraan untuk saling terhubung juga mendukung dalam industri game.

Linn dan Fjallraven memiliki tujuan yang sama dalam upaya pelestarian alam untuk masa depan. Bersama Fjallraven, ini kali pertama Linn mendesain motif print untuk sebuah produk. Ia menggunakan potongan plastik sebagai referensi. Selama dua bulan, ia bekerja menemukan sketsa yang tepat. Hingga akhirnya terciptalah dua variasi motif.

Kanken Art 2021 punya dua motif, yaitu Ocean Surface dan Ocean Deep. Ocean Surface memiliki warna dasar biru muda dengan aksen putih dan pink yang menggambarkan sampah plastik. Sementara Ocean Deep hadir dengan dasar warna biru tua dengan bentuk motif warna biru muda. Motif yang mengingatkan kita untuk selalu peduli pada lingkungan dan laut. Sebuah detail yang membuat siapapun harus punya koleksi spesial ini, terutama penggemar Fjallraven, dan koleksi Kanken Art.

Kanken Art 2021 untuk Dukung Atasi Sampah Plastik

Nggak cuma soal motif yang menggambarkan kondisi laut, tas Kanken Art juga dibuat dengan bahan ramah lingkungan. Material G-1000 HeavyDuty Eco yang digunakan Fjallraven terbuat dari polyester daur ulang dan katun organik. Koleksi ini juga merupakan kontribusi untuk Arctic Fox Initiative. Satu persen hasil penjualan dari setiap pembelian Kanken Art akan disumbangkan untuk organisasi tersebut. Organisasi yang diluncurkan 2017 silam kini tengah berjuang mengatasi sampah laut.

See Also
model-jam-tangan-michael-kors

Buat kamu yang belum tahu, sampah plastik di laut sangat berbahaya. Plastik yang pada akhirnya terurai akan menjadi mikroplastik yang kemudian dimakan oleh ikan di laut. Ikan-ikan yang sudah tercemar sampah plastik ini lalu dikonsumsi oleh kita manusia. Alhasil, ikan yang kita makan memberi dampak buruk pada kesehatan kita. Itulah mengapa kita sangat perlu menjaga laut tetap bersih.

Memiliki koleksi tas Kanken Art bukan hanya soal menyukai atau ingin memiliki koleksi tas dengan motif artistik, tapi juga nilai yang terkandung di dalamnya. Dengan beli dan memiliki tas Kanken Art, kita ikut membantu mengatasi persoalan sampah plastik yang berbahaya bagi ekosistem dan kelangsungan hidup di bumi.

Lihat koleksi lengkap Kanken Art 2021 di sini.

Saksikan Instagram Live Exclusive Preview dari koleksi terbaru Fjallraven Kanken Art di Instagram @urbaniconstore, bersama Konsultan Pendidikan Lingkungan Dila Hadju! SELASA 8 JUNI 2021, PUKUL 16.00 WIB.

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Copyright © 2021 Urban Icon. All Rights reserved. | Sitemap

Scroll To Top

MAU DAPET ADDITIONAL

DISKON 10% ALL ITEM? 

BURUAN SIGN UP SEKARANG BUAT DAPETIN DISKONNYA DAN INFO TERBARU DARI URBAN ICON

Close

DAPATKAN KODE VOUCHERNYA