Now Reading
Makanan Musim Hujan yang Cocok Kamu Konsumsi

Makanan Musim Hujan yang Cocok Kamu Konsumsi

Makanan Musim Hujan

Siapkan makanan saat musim hujan tiba! Kehadiran musim hujan ini ditanggapi berbeda-beda, ada yang merasa senang, juga ada yang merasa summer is much better than monsoon.

Apapun perspektif kamu tentang hujan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan selama musim hujan, salah satunya adalah makanan. Saat musim hujan, daya tahan tubuh kita cenderung melemah dan lebih mudah sakit. Berikut beberapa makanan musim hujan yang sebaiknya kamu konsumsi agar tubuh selalu fit dan segar.

1. Bawang Putih

Bahan masakan yang satu ini terkenal bukan hanya untuk menambah rasa masakan, tapi juga dipercaya berkhasiat untuk meningkatkan daya tahan tubuh kamu. Kaya akan antioksidan, bawang putih memang telah menjadi bumbu utama untuk banyak jenis masakan. Salah satu cara yang paling mudah untuk mengolah bawang putih adalah dengan membuat sup hangat yang dapat menghangatkan tubuh saat musim hujan. Selain itu bisa juga diolah menjadi garlic bread.

Bawang Putih

Baca juga : Tips Traveling Saat Musim Hujan

2. Minuman Jahe

Minuman jahe, mungkin ini adalah hal pertama yang terlintas dalam pikiran kamu ketika hujan mulai turun. Sifat jahe yang membuat tubuh terasa hangat akan menenangkan suasana hati, sekaligus meningkatkan metabolisme tubuh. Untuk membuatnya, parut jahe segar ke dalam cangkir berisi air hangat dan tambahkan air perasan lemon. Campurkan 1 sendok teh madu, dan jadi minuman jahe pun siap diminum untuk menemanimu di musim hujan.

Minuman Jahe

3. Buah Pir

Tak banyak yang tahu bahwa buah pir merupakan buah yang sangat baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Sesungguhnya, buah pir mengandung berbagai macam vitamin dan mineral, yang semuanya bermanfaat melindungi kamu dari penyakit yang umumnya muncul saat musim hujan, seperti flu. Selain menjadi sumber serat yang baik, buah pir juga merupakan antipiretik (penurun panas) alami karena membantu dalam mendinginkan tubuh saat demam.

Buah Pir Makanan saat Musim Hujan

4. Kacang Almond

Kacang-kacangan yang renyah dan berkulit sawo matang merupakan sumber protein yang baik. Selain kandungan lemaknya yang rendah, almond mengandung berbagai nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan kamu. Kacang yang menjadi favorit banyak orang ini juga bisa membantu meningkatkan sistem pencernaan, menjaga kadar gula tetap terkendali, dan memberikan perlindungan dari berbagai penyakit.Plus, kacang almond adalah camilan yang bagus bagi kamu yang sedang diet.

Kacang Almond

5. Apel

Pepatah yang berkata “an apple a day keeps the doctor away” memang benar adanya. Buah kecil berwarna merah ini memang memiliki segudang manfaat jika dikonsumsi secara rutin tiap hari. Kandungan vitamin C tinggi yang dimiliki apel, akan memperkuat daya tahan tubuh kamu selama musim hujan. Apel sendiri hadir dalam jumlah varian yang banyak seperti, washington, shimla, fuji, dan granny smith.

See Also
Cara Merawat Tanaman Hias

Baca juga : Fedwell, Kedai Makanan Sehat dengan Menu DIY

Apel

6. Air Putih

Last but not least, sangat penting untuk menjaga diri terhidrasi selama musim hujan. Sadar atau tidak, ada kecenderungan alami yang terjadi untuk mengurangi konsumsi air ketika lingkungan sekitar kita dingin. Hal ini dapat menempatkan kamu pada risiko terinfeksi berbagai penyakit yang cukup umum selama musim hujan. Pastikan kamu minum setidaknya 8 gelas air per hari, dengan masing-masing gelas berukuran 150 ml.

Air Putih

Selain mengkonsumsi makanan musim hujan dan minuman yang sehat, kamu juga perlu berolahraga secara teratur untuk menjaga kesehatan tubuh.

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Copyright © 2020 Urban Icon. All Rights reserved. | Sitemap

Scroll To Top