Now Reading
8 Manfaat Olahraga Bagi Tubuh Kita

8 Manfaat Olahraga Bagi Tubuh Kita

Manfaat olahraga bagi tubuh

Sudah taukah manfaat olahraga bagi tubuh kita? Dan kita semua tahu bahwa olahraga baik bagi kesehatan tubuh. Tapi masih banyak juga yang belum menjadikan olahraga sebagai prioritas dalam kehidupan harian, dengan berbagai macam alasan. Seperti merasa sibuk dengan urusan kantor, tidak bisa bangun pagi, atau belum memiliki olahraga favorit yang sesuai dengan karakter diri.

Padahal meski sibuk bekerja, kamu bisa melakukan olahraga ringan di kantor. Soal waktu olahraga pun tidak harus pagi, tapi bisa siang, sore, atau pun malam. Sementara tentang jenis olahraga yang sesuai karakter diri akan kamu ketahui setelah mencoba berbagai macam olahraga. Intinya, kamu bisa mulai rajin olahraga bila mau menepis rasa malas dan berbagai alasan.

Berikut adalah manfaat olahraga bagi tubuh yang bisa menjadi motivasi

Tulang Semakin Kuat

Masalah sakit di persendian dan tulang bukan lagi problema mereka yang berusia lanjut, masalah ini bisa menimpa kamu yang kurang berolahraga. Untuk mencegah itu, berolahraga mengangkat beban bisa menjadi salah satu solusinya untuk menjadikan tulang kita kuat dan tidak mudah keropos. Dengan rajin berolahraga, kita akan memiliki massa tulang yang lebih besar. Hal ini berarti kita akan memiliki kepadatan serta kekuatan tulang yang maksimal jika dibandingkan dengan mereka yang malas berolahraga.

Otot Terbentuk

Saat kita berolahraga, perlahan lemak yang ada dalam tubuh kita akan terbakar dan berubah menjadi otot. Ketika otot mulai tumbuh, sistem metabolisme dalam tubuh kita pun akan semakin baik. Proses metabolisme sendiri adalah sebuah tahapan di mana tubuh mengubah zat gizi yang masuk menjadi energi.

Manfaat Olahraga Bagi Tubuh Kita Jadi berotot

Mencegah Hipertensi

Hipertensi atau tekanan darah tinggi memang menjadi penyakit yang sering kita temukan di masyarakat. Hal ini bisa karena memang faktor keturunan atau pun pola makan yang tidak sehat. Untuk menjaga tekanan darah kamu agar tetap normal, selain menjaga asupan makanan yang masuk, olahraga yang rutin akan membantu menjaga tekanan darah kamu. Dengan menerapkan dua hal tersebut, penyakit kardiovaskular bisa dihindari.

Baca juga : Kiat Bugar Selebriti, dari Raisa hingga Sigi Wimala

Stress Berkurang

Masalah di kantor atau masalah pribadi tak jarang membuat kita stress. Ada banyak cara memang untuk menghilangkan atau setidaknya meminimalisir stress. Olahraga adalah salah satunya. Olahraga bisa dibilang cara paling mudah untuk melepaskan stress kita. Selain stress akan mereda, olahraga juga membuat kamu lebih sehat, tubuh terisi oleh energi dan suasana hati pun menjadi lebih baik.

Imunitas Tubuh

Sistem kekebalan tubuh berperan dalam melindungi kita terhadap serangan penyakit yang mencoba masuk ke dalam tubuh. Semakin bertambahnya usia, sistem kekebalan tubuh juga akan berkurang. Oleh karena itu, untuk membantu tubuh mempersiapkan sistem pertahanan yang baik sejak muda, sebaiknya mulai rajinlah berolahraga secara rutin agar tubuh terus memproduksi sistem kekebalan.

Sarana Sosialisasi

Olahraga adalah sarana yang baik untuk kita belajar berbaur dengan orang dan lingkungan baru. Dengan kita mencoba untuk berpartisipasi dalam olahraga beregu seperti sepakbola atau basket, kita akan dituntut untuk berkomunikasi dengan rekan satu tim. Melalui interaksi tersebut, kita akan belajar untuk mendapatkan teman baru dan juga pengalaman baru.

See Also

Manfaat Olahraga Bagi Tubuh Kita Makin Seksi

Nilai Sportivitas

Beberapa jenis olahraga seperti sepakbola, basket, voli dan hockey dilakukan secara beregu sehingga menuntut kerjasama dan komunikasi yang baik dari masing-masing individu. Dalam tiap olahraga kita akan diajarkan aturan-aturan yang berlaku di dalamnya, dan juga kita akan diajari bagaimana untuk bersikap layaknya olahragawan yang baik. Dari sana lah kita akan belajar nilai-nilai sportivitas dan juga kerja sama dalam tim.

Tidur Malam Lebih Nyenyak

Berolahraga dipagi atau malam hari ditambah aktifitas bekerja di kantor, tentu akan membuat tubuh terasa lelah dan butuh istirahat. Hal ini merupakan pertanda baik, tubuh kamu secara tidak langsung ‘dipaksa’ untuk segera beristirahat. Dengan begitu, kamu akan memiliki kualitas tidur yang baik dan keesokan harinya kamu akan terasa lebih berenergi untuk memulai hari baru.

Agar nanti kegiatan berolahraga kamu menjadi lebih asyik, kamu bisa mengenakan salah satu dari beberapa pilihan smartwatch Fossil Q dan juga Michael Kors Access ini. Jam tangan tersebut bukan hanya untuk menunjukkan waktu, tapi juga bisa mengukur sejauh apa kamu sudah berlari, berapa lama tubuhmu bergerak, dan juga mengukur detak jantung kamu.

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Copyright © 2020 Urban Icon. All Rights reserved. | Sitemap

Scroll To Top