Now Reading
Panduan Naik MRT Jakarta

Panduan Naik MRT Jakarta

cara naik mrt jakarta

Warga Jakarta sudah tak sabar naik MRT Jakarta yang akan segera diresmikan bulan Maret 2019. Nah, apakah kamu sudah tahu panduan cara naik MRT Jakarta? Bagi kamu yang ingin mencobanya, simak dulu triknya berikut ini.

 

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Urban Icon (@urbaniconstore) on

Panduan Cara Naik MRT Jakarta

Unduh aplikasi untuk naik MRT Jakarta 

Per bulan Maret, kamu disarankan untuk mengunduh aplikasi MRT-J. Aplikasi ini akan menginformasikan kesiapan operasi (operation readiness) meliputi cara menggunakan MRT Jakarta, informasi jarak dan waktu tempuh antar stasiun MRT Jakarta, etika penumpang selama menggunakan MRT Jakarta, dan fitur penjualan pernak-pernik (merchandise) resmi MRT Jakarta.

Ketahui Jalur MRT

Untuk menghindari salah turun di stasiun yang dikehendaki, ada baiknya kamu mengetahui jalur MRT dengan melihat peta berikut ini.

Jalur MRT Jakarta

Pegang tiket MRT Jakarta yang berlaku

Tiket kereta MRT Jakarta akan terdiri dari dua jenis, yaitu tiket per perjalanan (single trip) dan tiket multi perjalanan (multi trip). Pengisian saldo di kartu single trip dilakukan per perjalanan. Masa berlaku kartu single trip selama tujuh hari, terhitung sejak pembelian pertama. Sedangkan kartu multi trip dapat digunakan seterusnya selama saldo masih mencukupi. Kedua jenis kartu tersebut dapat diperoleh di Mesin Tiket Otomatis (Ticket Vending Machine/TVM) dan loket penjualan yang ada di setiap stasiun MRT Jakarta. Selain TVM, stasiun MRT Jakarta juga akan dilengkapi dengan Mesin Isi Ulang (Top Up Machine/AVM). Praktis, kan?

tiket MRT Jakarta

Perilaku mengantri di MRT Jakarta

Konsep waktu pergerakan MRT Jakarta direncanakan tiap 5 menit pada jam sibuk. Konon kereta MRT akan melaju tanpa ada penundaan atau alasan apapun. Saat di eskalator menuju MRT, kamu harus berdiri di sisi kiri, karena sebelah kanan khusus buat para penumpang yang ingin buru-buru dan sudah dikejar waktu.

See Also
rekomendasi film bisokop 2019

Pastikan kamu berada di baris yang tepat untuk menunggu kereta tiba. Di banyak kota besar dunia, ada jutaan penumpang yang mencoba masuk ke kereta bawah tanah sebelum penumpang yang dari dalam akan turun. Sebaiknya kamu tunggu sampai penumpang dari dalam kereta turun, baru naik ke kereta. Sebab, bila kamu memaksa bukannya aman, bisa-bisa malah terjatuh dan tergeser jauh dari pintu.

Aturan di dalam MRT Jakarta

Tempat duduk sebelah kamu adalah hak orang lain. Jangan letakkan tas untuk menghalangi orang lain untuk duduk. Saat kamu duduk, ternyata ada orangtua, anak kecil ataupun penyandang disabilitas. Baiknya kamu berikan tempat duduk, tawarkan dengan berdiri dan mengisyaratkan agar mereka bisa duduk di tempat kamu. Sebagai seorang penumpang, baiknya jangan pernah meninggalkan apapun di kereta baik itu sampah dan bekas makanan, koran atau hal lainnya. Ingat pula kalau di seluruh area MRT adalah bebas rokok.

Gerbong MRT Jakarta

Tampil praktis untuk naik MRT Jakarta

Walaupun nyaman, tapi namanya juga naik kendaraan umum, maka dandan praktis wajib hukumnya. Masukkan semua barang kebutuhan kamu di backpack. Pastinya jangan yang biasa, wajib yang punya material fungsional, seperi backpack Fjallraven Kanken yang punya aneka pilihan warna dan motif atau backpack kulit LIEBESKIND Berlin Duo Backpack M Black. Kalau bicara aksesoris, pastinya jam tangan termasuk hal penting. Pilih yang stylish dan klasik modelnya seperti Diesel Overflow Chronograph Brown Leather.

Bagaimana, siap mencoba naik MRT Jakarta? Selamat mencoba, ya!

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Copyright © 2020 Urban Icon. All Rights reserved. | Sitemap

Scroll To Top

MAU DAPET ADDITIONAL

DISKON 10% ALL ITEM? 

BURUAN SIGN UP SEKARANG BUAT DAPETIN DISKONNYA DAN INFO TERBARU DARI URBAN ICON

Close

DAPATKAN KODE VOUCHERNYA