Home » Perbedaan Jam Tangan Smartwatch dan Jam Tangan Hybrid

Perbedaan Jam Tangan Smartwatch dan Jam Tangan Hybrid

smartwatch Fossil

Taukah Kamu Perbedaan Jam Tangan Smartwatch dengan Jam Tangan Hybrid?

Bingung memilih jam tangan smartwatch atau jam tangan hybrid? Tergantung kebutuhan kamu, karena kedua jam tangan tersebut tentu punya kelebihan masing-masing. Agar kamu tidak bingung memilih, kamu bisa membedakan dari fungsi, cara kerja, desain dan kelebihan dari masing-masing jam ini. Berikut adalah perbedaan jam tangan smartwatch dan jam tangan hybrid.

jam tangan smartwatch atau jam tangan hybrid

1. Desain dan Tampilan

Smartwatch pada umumnya memiliki desain yang lebih kental dengan sentuhan modern dan tampak lebih edgy. Bagi kamu yang senang dengan jam tangan konvensional, jam tangan hybrid adalah pilihan yang tepat. Jam tangan hybrid merupakan perpaduan jam tangan mekanis konvensional dengan smartwatch, yang menggabungkan beberapa fitur konektivitas dengan mekanik jam tangan tradisional. Seperti jam tangan Fossil Q Hybrid Goodwin Brown Leather, jam tangan hybrid ini memiliki case berwarna gold dipadu strap kulit dark brown yang elegan. Pada bagian dial ada penunjuk Tachymeter dengan jarum penunjuk tambahan di antara pukul 6 dan 9.

hybrid Fossil

2. Layar dan Dial

Salah satu perbedaan jam tangan hybrid dan smartwatch yang terlihat jelas adalah jam tangan hybrid tidak memiliki layar sentuh. Sekilas, orang akan melihat jam tangan ini sebagai jam tangan klasik biasa karena layarnya tampak seperti jam tangan biasa pada umumnya. Sementara smartwatch memiliki layar sentuh yang dapat berganti tampilan saat Anda memberikan perintah lewat sentuhan jari. Walau banyak smartwatch yang layarnya meniru tampilan jam tangan konvensional, tetap saja layar sentuhnya memberikan dimensi yang berbeda dengan jam tangan kebanyakan, seperti jam tangan Michael Kors Access Runway Smartwatch White Ceramic.

hybrid/smartwatch michael kors

Baca Juga: Cara Merawat Jam Tangan Smartwatch

3. Pengisian Daya

Smartwatch atau jam tangan pintar menggunakan daya yang bisa diisi ulang atau recharge sehingga kamu perlu mengisi daya setiap kali sudah mulai habis. Sementara itu, jam tangan hybrid tidak menggunakan rechargeable battery, sehingga kamu tidak perlu mengisi dayanya berkali-kali. Dengan baterai yang disematkan di dalamnya, kamu bisa menggunakan jam tangan ini hingga 6 bulan tanpa pengisian daya kembali sesuai dengan penggunaan.

smartwatch samsung

4. Cara Kerja

Jam tangan hybrid menggunakan mesin mekanik yang digerakkan oleh tenaga baterai, layaknya jam tangan pada umumnya, hanya saja jam tangan ini disematkan fungsi konektivitas yang dapat membantu kamu mengatur dan merekam segala aktivitas kamu. Selain itu notifikasi berbagai fitur juga dapat dimunculkan jam tangan hybrid ini. Sementara smartwatch memiliki kemampuan dan kepintaran yang lebih dibandingkan jam tangan hybridSmartwatch mampu menampilkan semua bentuk notifikasi pada layar, menampilkan rekam jejak aktivitas kamu dalam tampilan grafis yang lebih jelas, dan masih banyak lagi. Seperti Samsung Galaxy Watch Active smartwatch yang tampil dengan warna-warni menarik serta grafis yang bisa kamu sesuaikan.

Samsung Galaxy Watch Active

Baca Juga: Cara Memilih Jam Tangan Untuk Pria

5. Microphone dan Speaker

Pada umumnya, jam tangan hybrid tidak dilengkapi dengan microphone dan speaker, tidak seperti smartwatch. Microphone dan speaker pada smartwatch biasanya diperlukan untuk menelepon atau mendengarkan musik, sementara pada jam tangan hybrid, hal ini tidak dapat dilakukan. Dengan adanya microphone dan speaker, biasanya smartwatch juga melengkapinya dengan earphone untuk memudahkan kamu saat menelepon atau mendengarkan musik.

6. Fungsi Jam Tangan

Dibandingkan smartwatch, fungsi dan kemampuan jam tangan hybrid lebih terbatas. Pemberitahuan notifikasinya tidak semudah smartwatch biasa. Jam tangan hybrid memang lebih cocok buat kamu yang mengutamakan estetika dari sebuah jam tangan konvensional, namun ingin menikmati fitur dari jam tangan pintar. Lihat saja jam tangan Fossil Q Hybrid Harper Blush Leather yang tampak elegan dengan paduan warna rose gold dan pink leather yang serasi.

Fossil Q Hybrid

Nah, sekarang kamu sudah tau perbedaan antara jam tangan smartwatch dan jam tangan hybrid. Manakah yang lebih sesuai dengan kebutuhanmu? Harus selalu diingat, jam tangan harus selalu kamu rawat dengan rutin. Dengan merawatnya, jam tangan jenis apapun akan lebih tahan lama dan kondisnya pasti akan selalu terlihat seperti baru.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *