Now Reading
5 Seniman Muda Indonesia yang Sudah Mendunia

5 Seniman Muda Indonesia yang Sudah Mendunia

Seniman Muda

Indonesia terkenal sebagai negara yang memiliki banyak seniman berbakat. Nama-nama seperti Raden Saleh, Affandi, Basoeki hingga Barli Sasmitawainata tentunya sudah tidak asing lagi bagi kita semua. Karya-karya mereka sudah melanglang buana dan juga dikenal di mancanegara.

Generasi baru seniman Indonesia terus bermunculan, dan mereka membuat Indonesia bangga karena karyanya mendapat pengakuan dan reputasi tingkat dunia. Inilah para seniman muda itu:

1. Roby Dwi Antono

Pelukis yang mengusung aliran pop surealis ini mencampur unsur mimpi dan imajinasi dalam karyanya. Kadang ia menambahkannya dengan bumbu drama dan melankolis. Tak heran jika karya-karya seninya tampak begitu unik, kadang menyeramkan dan membuat kamu merinding, namun detail-detail hasil lukisannya akan membuat siapa pun yang melihatnya berdecak kagum.

Lukisan Roby yang memunculkan multi interpretasi ini juga menarik perhatian galeri-galeri mancanegara dan bursa seni internasional. Lukisan surealis karya pria kelahiran 30 Oktober 1990 ini telah dipamerkan di ajang seni rupa bergengsi seperti ART Stage di Singapore, Art Fair di Tokyo, hingga Art Phillipine. (Foto: IG @dwiantonoroby)

2. Naufal Abshar

Walau masih muda, Naufal Abshar telah menggelar pameran solo di Art Porters Gallery di Singapura dengan tema ‘Is This Fate?’ yang dikuratori oleh seorang pengamat seni dari Israel. Jika diperhatikan, Naufal selalu menampilkan karya yang penuh humor dan komedi. Ia seolah ingin membuat orang yang melihat karyanya ingin ikut tersenyum.

Pria kelahiran tahun 13 Juli 1993 ini belajar seni di Lasalle College of the Arts, Singapura. Karyanya telah dibeli oleh kolektor seni asal Spanyol, Perancis, Singapura, hingga Afrika Selatan. (Foto: IG @naufalabshar)

 

Baca juga : Daftar Galeri Seni Di Jakarta yang Wajib Kamu Kunjungi

3. Bayu Santoso

Perupa kelahiran 16 September 1994 ini mengukir prestasi lewat kompetisi desain cover album Maroon 5. Hasilnya, Bayu berhasil mengalahkan banyak seniman dunia yang mencoba mengikuti kompetisi ini.

Dengan menggabungkan ornamen nusantara dan unsur barat dalam lukisan sosok harimau sebagai objek utama, Bayu menghasilkan karya seni yang mengaggumkan. Sebelumnya, lulusan Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta ini juga pernah memenangkan lomba poster yang digelar musisi Billy Joel. Karyanya pun dipajang di Facebook musisi tersebut. (Foto: IG @bayogale)

4. Sinta Tantra

Karya-karya seniman visual asal Bali ini telah terpampang di ruang publik di Inggris, Perancis, hingga Amerika Serikat. Lewat instalasi tiga dimensi, Sinta membuat jembatan yang membentang di atas Sungai Thames, London, tampak indah dengan warna-warni lukisannya.

See Also
Makna Hari Kartini

Hingga kini, Sinta juga masih sibuk mengerjakan berbagai karya seni untuk publik maupun pameran, di Inggris dan negara-negara lain. Seni publik yang sudah ia kerjakan juga dipajang di Brisbol Royal Children’s Hospital, Canterbury Christ Church University, hingga London Borough of Camden. (Foto: IG @sintatantra)

5. Darbotz

Sosok pria ini hanya dikenal lewat nama julukan dan karya muralnya. Walaupun seni mural sering dianggap mengotori kota, namun keahliannya dalam membuat mural membuat Darbotz dikenal hingga mancanegara. Karyanya juga telah dipamerkan di berbagai pameran internasional, di antaranya di Australia, Singapura, Hongkong, Filipina, hingga Perancis.

Salah satu kolaborasinya yang mendunia yaitu saat ia bekerja sama dengan merek sepatu asal California, DC Shoes. Koleksi sepatu dengan karya Darbotz laris manis di Jepang dan Brazil. (Foto: IG @darbotz)

Baca juga : Karya Ramah Lingkungan Pimpi Syarley Naomi

Luar biasa kan karya mereka? Siapa tahu bisa menginspirasi kamu untuk terus berkarya. Selama kamu melakukannya dengan serius dan tidak mudah menyerah, hasil kreasi kamu bisa menjadi sesuatu yang berharga.

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Copyright © 2020 Urban Icon. All Rights reserved. | Sitemap

Scroll To Top