Home » Tips Gaya Hidup Ramah Lingkungan

Tips Gaya Hidup Ramah Lingkungan

tips gaya hidup

Tips mudah gaya hidup ramah lingkungan

Memulai gaya hidup yang ramah lingkungan bukan sekadar tren. Ini merupakan bentuk tanggung jawab melestarikan bumi yang sudah memberikan kehidupan kepada kita. Ada beberapa tips gaya hidup ramah lingkungan mudah untuk kamu coba aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Simak penjelasan berikut!

1. Minimalkan jumlah sampah yang dibuang ke lingkungan

Daur ulang sampah sesungguhnya bisa dilakukan dengan cara mudah. Kamu bisa mencobanya dengan mengalihfungsikan beragam barang yang sudah tak terpakai. Misalnya, kaleng bekas biskuit bisa digunakan sebagai wadah untuk menyiram tanaman.

Bagi pencinta belanja, kamu juga bisa memaksimalkan fungsi pakaian dan aksesori yang kamu miliki. Belilah barang berkualitas yang tahan lama. Dompet Liebeskind Berlin Essential Slam Wallet Bourbon ini bisa menjadi investasi bergaya kamu untuk jangka waktu cukup panjang.

2. Matikan dan cabut alat elektronik dari saklar jika tidak digunakan 

Gaya hidup ramah lingkungan bisa dimulai dengan membatasi pemakaian listrik sesuai dengan keperluan saja. Jangan biarkan lampu dalam ruangan yang kosong tetap menyala. Perlengkapan elektronik seperti TV juga ada baiknya untuk tidak dibiarkan dalam kondisi “idle/standby” karena akan terus mengonsumsi energi.

Baca juga : 6 Aplikasi Smartphone Terbaik untuk Meningkatkan Produktivitas

Kamu juga bisa membuang energi dengan membiarkan ponsel tetap tercolok saat baterai sudah penuh. Untuk mengantisipasi tindakan ini, kamu harus memperkirakan waktu yang cukup untuk mengisi baterai ponsel.

tips gaya hidup hemat energi

3. Membuat area hijau di sekitar rumah

Jika punya lahan tersisa di sekitar rumah, gunakanlah untuk membuat area hijau dengan menanam berbagai tumbuhan. Selain menjadi lahan resapan air yang baik, pohon dan tumbuhan juga bisa membuat suhu sekitar terasa lebih sejuk karena oksigen yang dihasilkan. Kamu juga bisa menanam tumbuh-tumbuhan bumbu dapur dan tanaman obat yang khasiatnya bisa langsung digunakan.

Baca juga : Cara Menanam Tanaman Hias Untuk Pemula

tips gaya hidup merawat tanaman

4. Optimalkan pemakaian air dalam kegiatan sehari-hari

Jumlah air di muka bumi adalah konstan, sedangkan kebutuhan akan air senantiasa meningkat seiring pertambahan jumlah penduduk. Kalau tidak menjaga ketersediaannya dari sekarang, suatu saat nanti krisis air bersih bisa saja terjadi. Cobalah tampung air hujan agar bisa digunakan untuk mencuci kendaraan bermotor yang kamu miliki. Gunakan juga air bilasan sayuran atau buah-buahan untuk menyiram tanaman di halaman rumah.

Elemen air kerap ditandai dengan palet warna biru. Untuk mengingatkanmu akan semangat penghematan air, jam tangan DIESEL Armbar Tan Leather yang memiliki tampilan basel berwarna biru ini cocok untuk menemani beragam aktivitasmu.

5. Membawa tas belanja sendiri

Belakangan ini, muncul banyak berita tentang kerusakan lingkungan yang disebabkan oleh sampah plastik. Ekosistem makhluk laut bahkan turut terancam. Kamu bisa membantu melestarikan lingkungan dengan mengurangi pemakaian kantung plastik. Bawa tas belanja milikmu sendiri jika hendak pergi ke supermarket. Jika sedang beraktivitas di luar, kamu juga bisa mengantisipasi penggunaan kantung plastik dengan memiliki tas yang memiliki ruang penyimpanan besar. Tas LIEBESKIND Berlin Essential Backpack Small Italian Red ini bisa jadi solusinya.

Nah, bagaimana? Tidak mengubah gaya hidup ramah lingkungan tidak begitu sulit bukan? Kamu bisa mulai mencobanya dari sekarang. Mari berpartisipasi untuk melestarikan lingkungan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *