Now Reading
Tips Makin Percaya Diri Saat Wawancara Kerja, Termasuk Saat Pandemi

Tips Makin Percaya Diri Saat Wawancara Kerja, Termasuk Saat Pandemi

Tips Makin Percaya Diri Saat Wawancara Kerja, Termasuk Saat Pandemi

Are you a job seeker? Jika iya, kamu harus baca tips makin percaya diri saat wawancara kerja ini. Karena salah satu faktor yang buat HRD atau pewawancara terkesan untuk menerima kamu bekerja adalah rasa percaya diri. Meski sebenarnya kamu gugup, well, percaya diri bisa dibangun dari penampilan, kok.

Keep reading untuk tahu tips wawancara kerja.

Sebelum wawancara kerja kamu bisa melakukan Power Posing

Mulailah memperhatikan body language kamu. Seorang ahli bahasa tubuh bernama Amy Cuddy mempelajari bahwa “power posing” atau memposisikan tubuh yang percaya diri (meski sebenarnya tidak pede) mampu berpengaruh pada tingkat testoteron dan kortisol di otak kita. Inilah yang membuat kita merasa semakin percaya diri. Dengan kata lain, rasa percaya diri tersebut bisa dibuat dengan cara kita duduk dan memposisikan tubuh. Fake it until you make it.

Self-Talk

Apa yang buat kamu gugup saat interview kerja? Apakah saat bertatap muka dengan pewawancara, saat berbicara, atau saat memasuki ruangan interview? Cobalah menulisnya ke dalam daftar. Setelah itu, tulislah apa yang ingin kamu sampaikan kepada dirimu sendiri saat hal yang buat gugup tersebut terjadi. Tulis self-talk ini dengan kata-kata positif, seperti “Akulah orang terbaik untuk posisi pekerjaan ini. Perusahaan itu pasti membutuhkan aku.” Dengan begitu, kamu akan merasa baik-baik saja dan rasa percaya diri pun muncul. Seperti yang dikatakan ahli self-help Dr. Wayne Dyer, ““If you change the way you look at things, the things you look at change.” Ya, mulailah dari pikiran positif.

Saat wawancara kerja kamu harus Fokus pada Proses Interview

Untuk memaksimalkan rasa percaya diri saat wawancara kerja, penting untuk tahu tata cara interview. Lebih baik terhubung dengan pewawancara dibanding berusaha membuatnya terkesan. Jawablah pertanyaan yang diberikan dan berikan tanggapan baik pada apa yang mereka ucapkan. Fokuslah pada proses interview sehingga kamu bisa mempresentasikan diri kamu dengan baik. Percayalah, semakin kamu fokus dengan tujuan, maka rasa gugup, cemas, dan ragu tidak mudah menghampiri.

Ketika memulai wawancara kerja usahakan Tampil Menarik

Menurut publikasi Universitas Radford, “Behavioral Interviews: It’s Not What You Know, It’s What You Did”, rasa percaya diri sangat erat kaitannya dengan penampilan yang menarik. Beberapa studi juga menjelaskan pelamar kerja yang menarik cenderung dapat tawaran dan gaji yang baik. Maka, pastikan buat dirimu semenarik mungkin selama wawancara kerja, misalnya dengan cara jabat tangan yang tegas, kontak mata langsung, postur tubuh yang bagus, cara komunikasi yang santai namun bersemangat dan antusias. Percayalah, hal ini akan membuatmu terlihat semakin meyakinkan di mata HRD dan pewawancara.

Berpakaian yang Rapi dan Profesional

Salah satu cara to feel good about yourself adalah dari cara berpakaian. Pakailah baju yang kamu senangi dan membuat kamu merasa lebih percaya diri. Namun, pastikan tetap rapi, ya. Pakailah pakaian formal untuk bekerja jika kantor tersebut menerapkan baju kantoran. Tapi jika kantor tersebut memiliki lingkungan kreatif, pakailah baju bergaya smart casual.

Supaya penampilan kamu terlihat profesional, pakailah aksesori berupa tas dan jam tangan yang memang cocok untuk work dressing. Untuk tas, kamu bisa pilih tas kerja pria seperti Fossil Warren Top Zip Workbag dengan material kulit atau PKG Annex Briefcase untuk kamu yang lebih suka bahan polyester. Dua tas ini sangat ideal untuk penampilan profesional ke kantor karena muat membawa laptop dan file kantor. Untuk wanita, tas Fossil Lane Satchel yang merupakan tas satchel adalah pilihan paling versatile yang bisa kamu bawa saat wawancara kerja.

Di tengah pandemi COVID-19, masih banyak kok perusahaan yang melakukan proses rekruitmen. Meski wawancara kerja dilakukan melalui Zoom video call, kamu tetap bisa tampil profesional dengan jam tangan. Karena yang terlihat adalah bagian atas tubuhmu, jadi tidak ada salahnya pakai jam tangan untuk menunjang tampilanmu agar lebih menarik.

See Also

Tidak ada pilihan jam tangan kerja paling profesional selain Calvin Klein dan Emporio Armani. Cobalah Calvin Klein Minimal 40 mm Case Black Mesh Steel Watch untuk pria dan Minimal Grey Dial Silver Mesh Steel Watch untuk wanita, detail huruf CK pada face jam tangan memberi unsur trendy yang fun namun desainnya yang simple dan klasik masih terlihat profesional. Pilihan lain, ada jam tangan pria Emporio Armani Luigi Black Leather Automatic Watch dan jam tangan wanita Emporio Armani Kappa Silver Stainless Steel Watch. Desainnya tidak pernah salah untuk tampilan profesional yang memberi rasa percaya diri tinggi pada pemakainya. Kamu bisa mengecek semua koleksinya di Urban Icon Store.

Semoga tips wawancara kerja ini bermanfaat. Jangan mudah menyerah dan percayalah kamu pasti bisa dapatkan pekerjaan impian.

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Copyright © 2020 Urban Icon. All Rights reserved. | Sitemap

Scroll To Top
Close

MAU DAPET ADDITIONAL

DISKON 10% ALL ITEM? 

BURUAN SIGN UP SEKARANG BUAT DAPETIN DISKONNYA DAN INFO TERBARU DARI URBAN ICON

Close

DAPATKAN KODE VOUCHERNYA