Now Reading
Tips Merawat Jam Tangan Agar Awet dan Tahan Lama

Tips Merawat Jam Tangan Agar Awet dan Tahan Lama

Merawat Jam Tangan

Jika ingin jam tangan kesayangan tetap berfungsi dengan baik untuk jangka waktu yang lama, kamu perlu tahu bagaimana cara merawat jam tangan dengan benar. Tips merawat jam tangan agar milik kamu awat dan tahan lama bisa digunakan setiap saat seperti baru lagi.

Tips Merawat Jam Tangan

Jam tangan bukanlah fashion item yang murah untuk dibeli. Semakin mahal jam tangan kamu, semakin rumit mekanik yang ada di dalamnya. Jika tidak dirawat dengan baik, mekanik tersebut akan mudah rusak dan akhirnya kamu harus mengeluarkan uang lebih banyak untuk biaya perbaikan. Ternyata ada kiat khusus yang perlu kamu lakukan untuk merawat jam tangan agar tidak cepat rusak.

Kenali Jenis Jam Tangan Kamu

Ini adalah langkah pertama yang perlu kamu tahu tips merawat jam tangan karena ada banyak jenis jam tangan di pasaran. Dress watch seperti jam tangan Michael Kors Slim Runway Hybrid Rose Gold dan jam tangan Emporio Armani Dress Watch Brown Leather, cocok untuk evening event. Sementara sports watch bisa kamu pakai saat melakukan berbagai kegiatan olahraga. Menggunakan jam tangan yang salah pada sebuah kesempatan tidak hanya membuat penampilan kurang menarik, tapi juga rentan rusak.

Jam Tangan Fossil

Hindari Terkena Benturan

Memang tidak ada yang mau dengan sengaja membenturkan jam tangan milik sendiri ke permukaan keras, tapi nyatanya, hal ini sering sekali terjadi. Entah itu terbentur saat kamu sedang bergerak, atau terjatuh saat meletakkannya di atas meja. Walau beberapa jam tangan sudah dilengkapi material yang tahan guncangan, seperti jam tangan Rip Curl Recon XL Auto Titanium, tetap saja mekanik yang terdapat di dalamnya dapat terpengaruh guncangan tersebut.

Pahami Ketahanannya Terhadap Air

Air dapat membuat kerusakan yang sangat fatal bagi jam tangan. Banyak jam tangan yang dibuat ‘tahan air’ atau ‘water resistant’. Namun perlu kamu pahami, menggunakan jam tangan dengan label ‘waterproof to 100 m’ bukan berarti kamu bisa memakainya menyelam hingga kedalaman 100 m. Tekanan air di laut bebas berbeda dengan tekanan air di lab uji coba. Jadi, sebaiknya kamu hanya menggunakan jam tangan berlabel ‘waterproof to 100 m’ untuk snorkeling. Sementara untuk scuba diving, gunakan jam tangan berlabel ‘waterproof to 200 m’ seperti jam tangan Rip Curl Reglan Tidemaster Titanium, untuk amannya.

Jam Tangan Renang

Jangan Sembarang Mengatur Waktu Jam Tangan

Salah satu tips merawat jam tangan adalah perhatikan saat memutar (winding) mekanik jam tangan atau mencocokkan waktu jam tangan, jangan memutar crownpada saat jam tangan sedang kamu pakai. Hal ini bisa membuat kamu kelebihan memutar mesin automatic– seperti jam tangan Fossil Townsman Automatic Black. Selain itu, kesalahan sudut kemiringan saat kamu memutar crown dari jam tangan yang sedang dipakai bisa membuat aus drat crown tersebut.

Mencocokkan waktu jam tangan yang dilengkapi kalender seperti jam tangan Skagen Day Date, sebaiknya tidak dilakukan antara pukul 23.00 hingga pukul 03.00 agar mesin tidak rusak, sebab pada saat itu, tanggal pada jam sedang bergeser ke angka berikutnya. Pastikan mencocokkan jam dengan memutar jarum searah putaran jam, dan jangan mencocokkan tanggal dengan memutar crown ke arah berlawanan jarum jam.

Jam Tangan Emporio Armani

Bersihkan Jam Tangan Kamu Secara Rutin

Setiap kali selesai dipakai, kamu bisa membersihkan jam tangan menggunakan kain lembut untuk menghilangkan kotoran dan debu yang menempel. Lakukan secara perlahan. Ingat: jangan merendam jam tangan kamu di dalam air.

Service Jam Tangan Fossil

Beri Perawatan Khusus untuk Tali Kulit

Bagi kamu yang memiliki jam tangan dengan strap kulit seperti Emporio Armani Aviator Blue Leather, pastinya jam tangan tersebut memiliki nilai estetika dan kemewahan tersendiri. Untuk menjaga tali kulit agar dapat tahan lama, hindari terkena air, sabun, dan berbagai cairan lain. Jika kamu banyak beraktivitas di luar ruangan, jangan gunakan jam tangan dengan strap kulit di awah sinar matahari terus-menerus, karena cahaya matahari dan keringat dapat merusak tali kulit jam tangan. Selain itu, bersihkan secara berkala dengan pembersih khusus untuk bahan kulit.

Jam Tangan Leather Strap

See Also

Hindari dari Medan Magnet

Medan magnet ada di sekitar kita. Dari gadget hingga barang elektronik, semuanya mengandung medan magnet yang bisa memengaruhi ketepatan waktu jam dan keawetan mesin jam tangan. Karena itu, lepaslah jam tangan ketika kamu sedang melewati mesin X-Ray di Airport. Jangan letakkan jam tangan di atas speaker, televisi, atau alat-alat elektronik lain yang mengandung medan magnet.

Jam Tangan Disc Jockey

Service Jam Tangan Secara Rutin

Bawalah jam tangan kamu secara rutin ke tempat servis untuk merawat jam tangan. Tak seperti mobil, jam tangan kamu bekerja 24 jam, 365 hari setahun. Mesin jam tangan terdiri dari bagian-bagian kecil yang kadang tak terlihat tanpa kaca pembesar. Lakukan servis rutin di tempat terpercaya atau di tempat resmi seperti Watch Care Service Centre, dua atau tiga tahun sekali.

Watch Care Service Center

Letakkan di Kotak Khusus Jam Tangan

Sayangi jam tangan kamu dengan meletakkannya di kotak khusus jam tangan, agar terhindar dari debu dan kotoran saat tidak terpakai. Tempat khusus jam tangan biasanya dilapisi oleh kain lembut atau velvet yang menjaga material jam tangan dari gesekan.

Jam Tangan Michael Kors

View Comments (2)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Copyright © 2020 Urban Icon. All Rights reserved. | Sitemap

Scroll To Top