Now Reading
5 Tips Tetap Fit Saat Puasa

5 Tips Tetap Fit Saat Puasa

tips puasa makan kurma

Tips Tetap Fit Saat Puasa

Bulan puasa tiba. Wajib bangun sahur di pagi buta sudah pasti. Tubuh rasanya makin lemas karena kurang tidur. Belum lagi beraktivitas dengan perut kosong. Apa artinya kamu boleh lebih bermalas-malasan? Tentu tidak, dong, walaupun sedang berpuasa, tubuh harus tetap bugar. Apa artinya harus tetap rutin olahraga? Tentu saja!

Tapi sudah pasti ada beberapa penyesuaian yang wajib dilakukan, seperti :

Pindahkan jadwal olahraga setelah berbuka

olahraga saat puasa

Tidak disarankan untuk melakukan olahraga di saat waktu puasa,  puasa perut dalam keadaan kosong. Waktu terbaik adalah setelah berbuka, karena tubuh sudah kembali menerima asupan makanan dan minuman.

Mau bikin olahraga sebagai kegiatan ngabuburit? Bisa juga. Sebaiknya dilakukan 30-60 menit menjelang berbuka karena mendekati waktu makan. Tapi pastikan tubuh kamu siap untuk berolahraga, ya.

Pilih jenis olahraga yang bersahabat

Memilih melakukan  jenis olahraga yang biasa kamu lakukan seperti biasa, sah-sah saja, tapi memang yang disarankan melakukan jenis olahraga yang intensitasnya ringan sampai sedang, seperti berjalan, jogging, berenang, atau bersepeda.

Baca juga : 6 Ide Seru Agar Olahraga Makin Menyenangkan

Hindari mencoba olahraga baru yang intensitasnya lebih tinggi dari yang biasa kamu lakukan, karena dikhawatirkan tubuh kamu tidak mampu melakukannya.

Konsumsi air harus cukup

Konsumsi air saat sahur

Dehidrasi sangat mungkin terjadi ketika berolahraga. Nah, apalagi kalau dilakukan setelah kamu menjalankan puasa. Untuk mencegahnya, asupan cairan ke dalam tubuh harus diperhatikan. Jumlahnya disarankan sekitar 1,5-2 liter per hari. Selain itu, kamu juga disarankan untuk membatasi melakukan aktivitas fisik di siang hari untuk mencegah dehidrasi yang terjadi karena cairan tubuh hilang melalui keringat

Porsi sahur dan berbuka harus proporsional

makanan sahur agar kuat puasa

Saat Ramadan, tubuh diberi waktu dua kali untuk makan, yaitu saat sahur dan berbuka puasa. Pola makan ini berbeda dibandingkan hari biasa. Porsinya pun juga tak sama. Tapi usahakan tetap mengonsumsi porsi makanan dalam jumlah yang sama seperti hari biasanya, tidak berlebih dan juga tidak kekurangan. Pastikan juga kandungan gizi karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral untuk memenuhi kebutuhan zat gizi yang diperlukan tubuh terkandung dalam makanan kamu.

Makan dengan kandungan protein juga sangat penting, seperti ikan, daging, dan telur. Protein merupakan zat yang diperlukan untuk pertumbuhan dan juga sebagai zat pembangun. Protein membantu memulihkan dan memperbaiki sel-sel otot yang rusak ketika berolahraga.

Pastikan jumlah jam tidur

Tidur saat puasa

Supaya segar dan aman berolahraga selama bulan puasa, jam tidur kamu wajib cukup jumlahnya. Orang dewasa memerlukan waktu tidur sekitar 7-9 jam per hari. Waktu tidur yang kurang dapat memengaruhi kinerja tubuh. Tidur siang bisa jadi diperlukan untuk mempertahankan kondisi tubuh tetap sehat.

See Also

Nah, sudah siap bakar lemak dan jaga kondisi tetap fit selama berpuasa? Jangan lupa, penampilan juga wajib diperhatikan. Busana dan aksesori stylish wajib hukumnya.Yang paling mendukung aktivitas olahraga sudah pasti jam tangan multifungsi alias smartwatch.

Kamu bisa coba pakai jam tangan Samsung Galaxy Watch Active, yang tampilannya  simple, ringan dan strap yang nyaman dipakai. Ada fitur deteksi otomatis aktivitas olahraga, manajemen stress dan tidur. Yang paling penting, bisa juga memonitor detak jantung dan tekanan darah.

Samsung Galaxy Watch Active

Atau, ada alternatif lain, yaitu jam tangan Michael Kors Access Runway Smartwatch Black Silicone, yang tampil dengan case warna silver,  material stainless steel. Super keren! Dengan dukungan Wear OS dari Google, Access Runway dilengkapi heart-rate tracking dan swimproof. Aman dipakai untuk olahraga sekaligus bisa mendeteksi kondisi tubuh. Michael Kors Access Runway SmartwatchSelain jam tangan, sekarang waktunya cari tas yang matching sama gaya dan kebutuhan kamu. Silakan lirik tas Kanken Mini Frost GreenBackpack memang paling bersahabat dan simpel buat dibawa beraktivitas. Setuju kan? Termasuk buat bawa kebutuhan olahraga. Apalagi material Vinnylon F memiliki ketahanan terhadap air, ringan namun kokoh dan tidak mudah rusak. Ada pula sitting pad yang dapat digunakan sebagai alas duduk di alam terbuka.

tas Kanken Mini

Atau mau tas yang ruangnya lebih luas? Tas Fjallraven Totepack No.1 Acorn, bisa jadi pilihan. Bahannya dari waxed fabricyang nyaman di  pundak. Juga dilengkapi retsleting untuk membuka kompartemen dan safety pocket. Semua barang kamu dijamin aman!

Terus sehat menjalani puasa, ya!

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Copyright © 2020 Urban Icon. All Rights reserved. | Sitemap

Scroll To Top
Close

MAU DAPET ADDITIONAL

DISKON 10% ALL ITEM? 

BURUAN SIGN UP SEKARANG BUAT DAPETIN DISKONNYA DAN INFO TERBARU DARI URBAN ICON

Close

DAPATKAN KODE VOUCHERNYA