Now Reading
Tips Tetap Produktif Saat Work from Home

Tips Tetap Produktif Saat Work from Home

Hampir seluruh kantor menerapkan WFH atau work from home dalam rangka mencegah penyebaran virus Corona atau COVID-19. Termasuk kantor kamu? Berbeda dengan bekerja di kantor, bekerja dari rumah ada kalanya terhalang “godaan” sehingga buat kita kurang produktif. Akui saja, kasur terus memanggil, pekerjaan rumah seperti cuci piring dan baju minta diselesaikan, belum lagi kalau kita tidak ingat waktu saat menonton TV. Alih-alih bekerja, justru berakhir jadi semacam libur di rumah.

Nah, supaya bekerja dari rumah tetap produktif dan efektif, kamu perlu melakukan langkah-langkah tegas. Ingat, bekerja dari rumah tetaplah bekerja. Beda lokasi dan suasana saja, kok. Tugas kantor harus tetap diselesaikan, laporan kepada atasan harus tetap dibuat, mengawasi tim kerja harus tetap dilakukan, semuanya harus berjalan semestinya. Berikut tips tetap produktif yang bisa kamu lakukan selama work from home.

Tips Tetap Produktif Saat Work from Home

work from home

Ciptakan Ruang Kerja Sendiri

Agar terhindar dari malas-malasan, lebih baik jangan bekerja di kasur. Cobalah buat space khusus yang memang ditujukan untuk work from home. Pastikan space tersebut nyaman untuk ditempati dan bisa bantu kamu fokus bekerja di depan laptop. Misal, siapkan meja yang khusus dipakai untuk bekerja. Lengkapi meja tersebut dengan barang-barang yang kamu perlukan selama work from home agar mudah diraih (tidak harus kesana kemari ambil barang), seperti alat tulis, tissue, hand cream, hand sanitizer, suplemen harian, dan lain-lain.

Supaya meja terlihat rapi, taruhlah barang-barang tadi di satu organizer multifungsi seperti Fjallraven Kanken Toiletry Bag Black. Tas Kanken ini memang dibuat untuk membawa perlengkapan mandi, tapi bisa juga dipakai untuk menyimpan pernak-pernik kecil kebutuhan “kantor di rumah”. Tas Kanken yang terbuat dari material G-1000 HeavyDuty Eco S ini memiliki banyak ruang dan dua kompartemen utama yang luas sehingga dapat menyimpan botol, tubes, dan obat-obatan. Tas ini juga buat work corner kamu jadi lebih Instagrammable lho, karena tas Kanken adalah kunci gaya VSCO masa kini.

Tentukan Jam Kerja

work from home with fossil gen 5

Work from home boleh dibilang lebih fleksibel karena tidak ada batasan kapan harus mulai dan selesai bekerja. Sayangnya, tidak ada jam kerja kerapkali buat kita terlena. Maka dari itu, lebih baik tentukan jam kerja kamu (and stick to it). Tidak masalah jika kamu mulai bekerja di pagi hari, lalu tidur siang sebentar, dan setelah itu lanjutkan pekerjaan. Yang terpenting: semua tugas terselesaikan.

Untuk membantu kamu mengatur jam kerja dari rumah, you need a reminder. Atur reminder yang bisa kamu raih dengan mudah, seperti pada Fossil Gen 5 Smartwatch – The Carlyle HR Smoke Stainless Steel. Jam tangan pintar dari Fossil yang kompatibel dengan Android dan iPhone ini akan membantu mengingatkan jadwal makan, mengatur jam kerja dan jadwal conference call, juga bisa mengatur plan hidup sehat. Jam tangan sophisticated (juga keren) yang bisa kamu jadikan asisten pribadi selama work from home. Cool!

Buat To-Do-List

Seperti yang sudah disebutkan tadi, bekerja dari rumah memberi ruang buat kamu untuk memiliki jam kerja “sesukanya”. Nah, supaya tidak terlena dengan kegiatan lainnya, kamu perlu buat to-do-list di hari itu. Misal, hari dimulai dengan sarapan, mandi, lalu bekerja, istirahat sebentar, lalu bekerja lagi. Jadi, aktivitas lebih terorganisir dan pekerjaan kamu terselesaikan dengan baik. Lebih efektif, kan?

Bekerja dengan Pakaian Nyaman

Lebih baik jangan pakai pyjama atau baju tidur selama bekerja dari rumah. Mengapa? Karena baju tidur ternyata berpengaruh pada produktivitasmu, lho. Bekerja pakai baju tidur tidak merangsang otak untuk bekerja. When in working mode, sebaiknya pakailah pakaian yang nyaman untuk bekerja, seperti paduan T-shirt dan sweatpants. Cukup rapi jika ada conference call dengan atasan atau klien.

See Also
Tips Packing

Manfaatkan Waktu untuk Olahraga Ringan

Waktu yang biasa kamu habiskan untuk perjalanan dari rumah ke kantor sekarang bisa kita manfaatkan untuk hal lain, olahraga ringan misalnya. Lakukan jogging atau jalan di sekitar rumah (tapi ingat social distancing, ya!) agar tubuh tetap sehat dan bugar, bekerja dari rumah pun jadi lebih produktif.

work from home tips

Itulah tips tetap produktif saat work from home. Meski hanya berdiam di rumah, selalu jaga kebersihan lingkungan dan benda-benda di rumah, ya. Juga, jagalah kesehatan dengan banyak olahraga dan makan makanan sehat.

Jangan lupa juga untuk selalu membersihkan barang-barangmu, termasuk jam tanganmu! Lihat tips membersihkan jam tangan agar tidak terkena virus dan bakteri disini! Terakhir, iringi dengan doa untuk keselataman kita agar terhindar dari virus Corona yang sedang mewabah. Selamat work from home!

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Copyright © 2020 Urban Icon. All Rights reserved. | Sitemap

Scroll To Top