Now Reading
Wajib Dikunjungi: 4 Tempat Wisata Eco-Travel di Indonesia 

Wajib Dikunjungi: 4 Tempat Wisata Eco-Travel di Indonesia 

Gaya hidup ramah lingkungan sedang populer. Bukan karena jadi tren, tapi karena kesadaran individu terhadap keselamatan bumi sudah meningkat. Termasuk wisata eco-travel. Ketika traveling, banyak orang yang sekarang lebih memilih konsep eco-travel. Apa sih itu eco-travel?

Menurut International Ecotourism Society, eco-travel adalah perjalanan yang bertanggungjawab pada wilayah alam yang melestarikan lingkungan sekaligus menopang kehidupan makhluk hidup di dalamnya, ini juga termasuk ke dalam perjalanan pendidikan. Bisa disimpulkan, menjadi traveller yang bertanggungjawab lebih dari sekadar go green dan peduli lingkungan. Kita juga harus memperhatikan ekosistem alam.

Liburan yang ramah lingkungan bisa kamu lakukan di tempat wisata ecoturisme, lho. Ada banyak pilihan tempat wisata ecoturisme di Indonesia yang wajib kamu kunjungi. Tempat wisata ecoturisme biasanya berupa taman nasional, yaitu kawasan pelestarian alam yang mempunyai ekosistem asli, dikelola dengan sistem zonasi yang dimanfaatkan untuk tujuan penelitian, ilmu pengetahuan, pendidikan, menunjang budidaya, pariwisata, dan rekreasi.

Baca juga : Wisata Kuliner Indonesia Terfavorit

Dengan traveling ke taman nasional, kita bisa mengurangi jejak karbon pada perjalanan liburan sekaligus belajar soal flora dan fauna yang dilindungi di taman nasional tersebut. Liburan pun jadi lebih bermakna. Tak sekadar refreshing dari rutinitas tiap hari, tapi juga turut membantu pelestarian lingkungan dan saat pulang kita punya wawasan baru. Berikut 4 taman nasional di Indonesia yang wajib dikunjungi buat kamu yang ingin menjadi eco-friendly traveller.

Taman Nasional Baluran pilihan wisata Eco-travel

Image source: getlost.id

Taman nasional yang berada di Banyuwangi, Jawa Timur ini mendapat julukan “Little Africa in Java”. Ya, taman nasional ini memiliki savanna bernama Savanna Bekol seluas 10.000 hektar yang membuatnya terlihat seperti padang rumput di Afrika. Selain itu, Taman Nasional Baluran memiliki Hutan Musim, yakni hutan yang berubah sesuai dengan musimnya. Saat musim hujan, pohonnya berdaun lebat, sementara musim kemarau kondisinya gersang. Ada pula Hutan Evergreen yang selalu hijau, sempurna buat kamu yang ingin suasana hutan yang sejuk.

wisata eco-friendly taman baluran

Image source: getlost.id

Taman Nasional Baluran ternyata lebih dari sekadar hutan. Karena ada pantai juga bernama Pantai Bama. Pantai pasir putih ini merupakan rumah untuk kawanan kera ekor panjang. Saat ke sana, lebih baik simpan makananmu karena kera akan usil mencuri makanan. Kera di sana cukup galak, jadi lebih baik jangan dekat-dekat. Terlepas dari itu, pemandangan Pantai Bama sangatlah Instagenic. Kamu bisa berfoto di pohon-pohon yang menjalar dengan latar belakang kapal-kapal di lautannya. Buat siapapun yang melihat fotonya ingin berkunjung ke sana juga.

Taman Nasional Alas Purwo

taman alas purwo wisata eco-travel

Masih di Banyuwangi, Jawa Timur ada Taman Nasional Alas Purwo dengan alam liarnya yang konon merupakan tanah tertua di Jawa, sempurna dijadikan tempat wisata eco-travel buat kamu si penyuka tantangan. Taman Nasional Alas Purwo memiliki luas 43.420 hektar yang terdiri dari berbagai macam hutan yang menjadi rumah bagi ratusan jenis flora dan fauna. Tak sekadar hutan, di sana kamu akan disuguhkan pemandangan savanna luas dimana terdapat burung merak, rusa, dan banteng Jawa.

Yang tidak boleh dilewatkan adalah melihat langsung berbagai jenis penyu yang dilindungi. Penyu seperti penyu lekang, penyu belimbing, penyu sisik, dan penyu hijau bisa kita temukan di pantai Ngagelan yang memang merupakan habitat mereka untuk bertelur. Well, selain menantang alam liar, mungkin kamu juga bisa uji nyali karena taman nasional ini terkenal dengan hal-hal mistisnya. Berani coba?

Taman Nasional Way Kambas

Image source: barrabaa.com

See Also
Tempat Kebugaran

Menyeberang sedikit dari Pulau Jawa, Taman Nasional Way Kambas adalah tempat wisata eco-travel yang juga wajib ada dalam bucket list kamu. Taman Nasional yang berada di Lampung, Sumatera ini dikatakan sebagai taman nasional pertama dan tertua di Indonesia. Luasnya 125.000 hektar dengan deretan hutan dataran rendah, hutan rawa air tawar, padang rumput, semak-semak belukar, dan hutan pantai.

Yang wajib kamu lakukan saat berada di Taman Nasional Way Kambas adalah menyapa gajah-gajah. Taman nasional ini sekaligus merupakan pusat konservasi gajah. Selain menjadi tempat perlindungan gajah Sumatera, taman nasional ini juga dikenal sebagai tempat latihan mereka. Jadi, kamu bisa melihat atraksi para gajah yang sangat lucu dan menghibur. The best part? Naik gajah berkeliling melihat pemandangan hutan. Pengalaman yang hanya kamu dapat di Taman Nasional Way Kambas.

Taman Nasional Tanjung Puting

Image source: phinemo.com

Melakukan eco-travel memang kurang lengkap jika tidak bertemu dengan orangutan, satwa endemik Indonesia. Nah, kamu bisa berkunjung ke habitat aslinya di Taman Nasional Tanjung Puting, Kalimantan Tengah. Di sinilah tempat pelatihan dan pelepasan orangutan ke alam liar. Tak hanya orangutan, di sana kamu juga akan bertemu satwa lain, seperti bekantan, monyet, dan jenis satwa lain yang hidup berdampingan di taman nasional ini.

Baca juga : Destinasi Wisata Indonesia

Banyak kegiatan seru yang bisa kamu lakukan di taman nasional yang ramai oleh wisatawan asing ini. Salah satunya feeding time dimana kita bisa melihat para ranger memberi makan orangutan di camp yang telah disediakan. Bisa juga melihat langsung aktivitas orangutan dan primata lainnya di alam liar. Selain itu, kamu bisa menyusuri sungai Sekonyer yang berada di dalam taman nasional dengan menaiki klotok atau kapal transportasi khusus untuk wisatawan. Membuat kita seperti dalam adegan film Hollywood yang tengah menyusuri keindahan sungai Borneo.

Traveling dengan tas Fjallraven Singi 20

Itulah 4 tempat wisata eco-travel yang wajib kamu kunjungi setelah isu virus Corona selesai. Walau saat ini belum bisa traveling, tapi kamu bisa mulai untuk mempersiapkan itinerary-nya dari sekarang. Saat eco-traveling nanti, buatlah perjalananmu lebih lengkap dan berarti dengan membawa tas eco-friendly seperti tas Fjallraven Singi. Di samping desain dan fungsi tas yang berguna sebagai tas ransel outdoor (sempurna untuk traveling), tas Fjallraven Singi dibuat dengan material G-1000 Heavy Duty Eco S yang organik, tahan lama, dan ramah lingkungan. Ini merupakan komitmen Fjallraven dalam mendukung pelestarian lingkungan. Jadi, tidak hanya traveling kamu yang eco-friendly, tapi juga tas teman perjalananmu. Have a nice eco-friendly trip!

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Copyright © 2020 Urban Icon. All Rights reserved. | Sitemap

Scroll To Top
Close