Home » Wisata Kuliner Indonesia Terfavorit

Wisata Kuliner Indonesia Terfavorit

Wisata Kuliner Indonesia

Wisata kuliner indonesia yang paling di minati seluruh dunia karena masakannya unik dan beda dari belahan dunia. Buat kamu yang senang berburu kuliner, Indonesia adalah tempat yang tepat untuk memuaskan indera pengecap kamu. Dengan ragam budaya kita miliki, tercipta berbagai kekayaan kuliner yang bahkan beberapa di antaranya dikenal hingga mancanegara.

Wisata Kuliner Indonesia

Nah, beberapa hidangan Nusantara ini wajib masuk daftar kamu saat wisata kuliner Indonesia. Selain sering menjadi buruan banyak orang, cita rasanya yang khas akan memanjakan lidah kamu. Yuk, cicipi makanan Indonesia berikut yang bisa kamu jadikan ide untuk menu buka puasa hari ini.

1. Nasi Jamblang Bu Nur, Cirebon

Lokasi: Jl. Cangkring 2 No.34, Kejaksan, Kec. Kejaksan, Kota Cirebon.

Berkunjung ke kota Cirebon akan kurang lengkap kalau tidak makan Nasi Jamblang, sajian khas Cirebon berupa nasi yang dibungkus daun jati dengan beragam lauk yang menggugah selera. Salah satu yang terkenal adalah Nasi Jamblang Bu Nur, yang tidak pernah sepi sejak buka hingga tutup.

Lauk yang cukup terkenal dan sangat khas adalah blakutak, semacam cumi hitam dengan bumbu yang gurih. Semur tahu pun punya cita rasa yang berbeda dari semur yang biasa kamu coba. Jangan lupa minta sambal jamblang untuk melengkapi hidangan kamu. Irisan cabe tipis yang ditumis ini memang punya rasa yang khas dibanding sambal kebanyakan.

Kuliner Nasi Jamblang Bu Nur, Cirebon

2. Saoto Bathok Mbah Katro, Yogyakarta

Lokasi: Kawasan Candi Sambisari, Purwomartani, Kalasan, Sleman, Yogyakarta

Ke Yogyakarta makan gudeg mungkin sudah hal yang biasa dan sering kamu lakukan. Tapi pernahkah kamu mencoba Saoto Bathok? Ini merupakan salah satu kuliner khas Yogyakarta yang tidak kalah nikmat. Pada dasarnya ini adalah sejenis soto yang dihidangkan menggunakan tempurung kelapa atau bathok sebagai pengganti mangkok.

Saoto Bathok Mbah Katro adalah yang paling terkenal Kamu bisa menyantap soto hangat sambil menikmati pemandangan sawah di sisi Selatan lokasi ini. Untuk melengkapi rasa, kamu bisa menambahkan tempe goreng yang digoreng garing seperti keripik. Atau bisa juga mencoba sate telur puyuh dan sate usus yang juga selalu jadi hidangan pendamping soto Bathok ini.

Kuliner Saoto Bathok Mbah Katro, Yogyakarta

Baca Juga: 10 Kuliner Enak di Bandung yang Wajib dicoba

3. Cuanki Serayu, Bandung

Lokasi: Jl. Serayu No. 2, Cihapit, Bandung Wetan.

Kamu pasti sering mencoba batagor, kuliner khas bandung yang dihidangkan dengan saus kacang. Nah, Cuanki ini sebenarnya menggunakan bahan yang sama dengan batagor, hanya saja menggunakan kuah bakso, lengkap dengan tambahan baksonya juga.

Cuanki Serayu di Bandung adalah yang paling jadi buruan banyak penggemar wiskul, jadi jangan heran kalau kamu bakal menemukan antrian panjang saat sampai di Cuanki Serayu. Tekstur Cuanki-nya sangat unik, kulitnya kering dan crispy karena digoreng kering. Saat masuk ke dalam mulut, baru beberapa kunyahan langsung seperti lumer dalam mulut.

Kuliner Cuanki Serayu, Bandung
Baca Juga: 10 Jajanan Tradisional Indonesia Wajib kamu Cicipi

4.  Soto Mie Mang Ohim, Bogor

Lokasi: Jl. Taman Cimanggu Raya No.22, Kedung Waringin, Tanah Sereal, Bogor.

Buat kamu yang tinggal di Jakarta, Bogor adalah destinasi wisata kuliner yang seru buat dikunjungi. Ada banyak kuliner malam yang tersebar di tiap penjuru kota Bogor. Beberapa yang sering jadi buruan seperti Toge Goreng, Soto Bogor, hingga laksa Bogor.

Tapi kamu wajib mencoba Soto Mie Mang Ohim yang sudah tersohor sejak dulu. Soto Mie dengan Soto Bogor adalah dua hal yang berbeda. Jika Soto Bogor kuahnya menggunakan santan dan berwarna kuning, serta terdiri dari beragam potongan daging dan jeroan. Sementara Soto Bogor berkuah bening dengan bihun, serta risol dan irisan daging.

Soto Mie Mang Ohim memang dikenal memiliki rasa yang kaya dan dilengkapi potongan daging yang besar-besar. Risolnya terasa renyah dan lembut saat disiram kuah.

Kuliner Soto Mie Mang Ohim, Bogor

5. Loenpia Gg Lombok, Semarang

Lokasi: Jalan Gg. Lombok No. 11, Purwodinatan, Semarang Tengah.

Berburu lunpia di Semarang memang seru. Tapi salah satu yang jadi favorit banyak pemburu kuliner Semarang adalah Loenpia Gg Lombok. Dinamakan demikian karena lokasinya yang memang di Gg. Lombok dan sudah terkenal sejak lama.

Bahkan disebut-sebut sebagai lunpia tertua di Semarang. Kedai kecil di Gg. Lombok ini telah dikelola oleh empat generasi, dan berumur lebih dari seratus tahun. Buat kamu yang tidak suka bau tajam dari rebung, jangan khawatir, salah satu keunggulan lunpia ini memiliki racikan tanpa bau rebung yang menyengat.

Teksturnya padat, dengan cita rasa rebung dan rempah lunpia yang begitu terasa. Kulitnya renyah dan gurih. Dijamin kamu tidak bakal cukup jika cuma menikmati satu lunpia.

Kuliner Loenpia Gg Lombok, Semarang

Baca Juga: 5 Tempat Wisata di Canggu Bali Wajib Di Kunjungi

6. Lontong Balap Garuda Pak Gendut, Surabaya

Lokasi: Jl. Embong Malang No.38, Genteng, Surabaya

Selain rawon, Surabaya punya kuliner khas yang tidak kalah nikmat dan selalu jadi buruan banyak pencinta kuliner, yaitu lontong balap. Salah satu yang sangat populer yaitu Lontong Balap Pak Gendut, yang berdiri sejak tahun 1958 dari resep turun temurun.

Lontong Balap ini terdiri dari irisan lontong yang dicampur dengan tahu dan lentho. Lentho sendiri adalah gorengan yang dibuat dari parutan singkong. Setelah itu disiram dengan kuah panas dan gurih, serta tauge, daun bawang, dan bawang goreng. Hidangan ini sangat segar disantap untuk sarapan pagi.

Tambahkan kecap dan sambal, dijamin kamu akan lahap memakannya. Biar wisata kuliner kamu di Surabaya sempurna, pakailah tas Fossil Estate Backpack, tas ransel keren yang bisa membawa berbagai keperluan kamu saat traveling atau wiskul, seperti kamera, charger, dompet, dan sebagainya.

Kuliner Lontong Balap Garuda Pak Gendut, Surabaya

7. Nasi Uduk Gondangdia, Jakarta

Lokasi: Jl. Cikini IV No. 12, Cikini, Menteng, Jakarta Pusat

Bagi warga Jakarta, nasi uduk adalah salah satu menu sarapan yang paling gampang dicari pada pagi hari. Tapi, nasi uduk juga bisa dinikmati kapan pun, bahkan untuk makan malam sekali pun. Nasi Uduk Gondangdia menyajikan nasi uduk dengan berbagai lauk yang digoreng langsung saat kamu pesan.

Tidak seperti nasi uduk kebanyakan, nasi uduk di sini terasa pulen, dan gurih santannya begitu terasa. Porsinya kecil-kecil dan dibungkus daun, kamu pasti perlu memesan lebih dari satu. Lauk yang bisa kamu pilih mulai dari udang, empal, tahu kuning, usus, hingga ayam. Digoreng langsung dan tidak berminyak. Memakannya menggunakan sambal kacang atau sambal goreng.

Kuliner Nasi Uduk Gondangdia, Jakarta
8. Nasi Bali Men Weti, Bali

Lokasi: Jl. Segara Ayu No. 8, Sanur, Denpasar

Bali adalah salah satu destinasi wajib bagi para pemburu wisata kuliner Indonesia. Di sini kamu bisa mencicipi Nasi Bali Men Weti yang sangat terkenal dan terletak di tepi pantai Sanur. Warung nasi sederhana yang buka sejak tahun 1970-an ini sangat ramai pengunjung. Bahkan lama antrian bisa mencapai 10-15 menit.

Kamu dibebaskan untuk memesan makanan sesuai porsi yang kamu mau, dan memilih beragam lauk dari mulai ayam betutu, kuah pindang, sate lilit, telur bumbu Bali, hingga sambal matah yang punya cita rasa khas. Sebagai tambahan rasa, tersedia sambal kacang dan juga kulit ayam goreng yang gurih dan renyah di mulut.

kuliner Nasi Bali Men Weti, Bali

Nah, kuliner Indonesia yang mana yang paling kamu suka? Kamu bisa mulai mencoba wisata kuliner Indonesia yang paling dekat dengan tempat tinggalmu. Jangan lupa ajak keluarga atau teman-teman agar lebih nikmat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *